Analisis Ekuitas Merek dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan : studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Asministrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan telepon genggam Nokia

BerliaMahardika, (2009) Analisis Ekuitas Merek dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan : studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Asministrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan telepon genggam Nokia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi yang mengarah pada semakin bebasnya perdagangan internasional telah menghasilkan fenomena persaingan produk dan merek yang ketat. Merek harus memiliki ekuitas karena semakin kuat ekuitas suatu produk, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk yang selanjutnya dapat membuat konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Pemilihan telepon genggam Nokia sebagai bahan penelitian disebabkan pasar ponsel dunia masih didominasi oleh Nokia. Pada kuartal ketiga 2008 Nokia mampu menjual 117,9 juta unit ponsel di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor ekuitas merek yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Untuk menentukan dan menjelaskan faktor ekuitas merek yang dominan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode penelitian survei. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara kepada mahasiswa yang menggunakan telepon genggam Nokia dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor ekuitas merek terdiri dari faktor Kesadaran Merek (X1), faktor Aset Hak Milik Merek yang lain (X2), faktor Asosiasi Merek (X3), faktor Kesan Kualitas (X4), faktor Loyalitas Merek (X5), faktor Manfaat dan Keunggulan (X6) dan faktor Media Iklan (X7) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Faktor ekuitas merek yaitu Kesadaran merek, Aset hak milik merek yang lain, Asosiasi merek, Kesan kualitas, Loyalitas merek, Manfaat dan keunggulan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,801 dan nilai F hitung sebesar 23,559 dengan tingkat signifikansi 0,000 serta nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0,642. Diketahui juga bahwa faktor Kesadaran Merek (X1) berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung terbesar yaitu 6,706 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,907. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa faktor ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan diharapkan pihak perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek, diantaranya yaitu dengan memperkenalkan produk kepada konsumen secara rutin sehingga konsumen akan selalu ingat dengan merek yang dipakai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/39/050900578
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 10:42
Last Modified: 24 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114253
[thumbnail of 050900578.pdf]
Preview
Text
050900578.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item