Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian : survei pada siswa siswi SMUK St.Albertus pengguna hand phone

CorneliaLidyaW (2009) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian : survei pada siswa siswi SMUK St.Albertus pengguna hand phone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman globalisasi menyebabkan kebutuhan akan sarana komunikasi semakin tinggi pula. Hal ini tentunya juga diikuti oleh perkembangan alat komonukiasi yang semakin canggih pula. Dimulai dengan ditemukannya telepon rumah membantu orang dalam kemudahan komunikasi, selanjutnya dengan dibuatnya handy talky dan dibuatlah hand phone yang pada jaman sekarang ini sangat membantu orang dalam berkomunikasi, ini dikarenakan hand phone adalah barang yang sangat fleksibel karena bisa dibawa kemana saja dan termasuk barang yang mudah disimpan. Selain itu semakin canggih dan lengkapnya teknologi yang tersimpan dalam hand phone, mengakibatkan semakin banyak pula orang yang memakai hand phone, entah itu untuk keperluan komunikasi dengan sesamanya maupun untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Pada awal diluncurkan, hand phone merupakan barang yang mewah, dimana tidak semua masyarakat dapat memilikinya. Ini dikarenakan mahalnya harga hand phone pada saat dilucurkan. Tetapi sekarang hand phone bukanlah lagi merupakan barang mewah dimana hanya sebagian masyarakat yang memiliki. Sudah banyak orang yang pada saat ini memiliki hand phone. Ini karena semakin murahnya harga hand phone, sehingga mengakibatkan alat komunikasi ini banyak dimiliki oleh masyarakat. Bahkan sudah banyak anak sekolah yang memiliki dan memanfaatkan hand phone sebagai sarana komunikasi mereka. Atribut produk merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen pada saat akan melakukan pembelian terhadap produk, apakah itu harga, kualitas, fitur, desain, maupun layanan purna jual, dll. Atribut produk merupakan salah satu pembeda dengan produk yang sejenis. Banyak konsumen yang melakukan pembelian barang berdasarkan atas atribut produk yang dimiliki produk tersebut. Atribut produk merupakan unsur yang dianggap penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen., maka seharusnya produsen haruslah benar-benar memperhatikan atribut produk mana saja yang dapat mempengaruhi konsumen sehingga konsumen dapat tertarik untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini dlakukan di Sekolah Menengah Umum Katolik St. Albertus Malang, yang berlokasi di jalan Talang nomor 1 Malang, dengan obyek penelitiannya yaitu siswa siswi yang menggunakan produk hand phone. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel atribut produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel atribut produk mana yang pengaruhnya paling besar terhadap keputusan pembelian. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapat melalui jawaban kuisioner dari responden dan sumber data sekunder yang diperoleh dari bagian administrasi SMUK St. Albertus Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan daerah penelitian dan responden, selanjutnya menggunakan analisis korelasi regresi linier berganda untuk mengetahui apakah variabel atribut produk sebagai variabel bebas mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat secara simultan (bersama-sama), dan yang terakhir menggunakan analisis regresi parsial untuk mengetahui variabel bebas manakah yang pengaruhnya paling besar atau dominan terhadap variabel terikat. Berdasarkan data yang telah diteliti melalui analisis yang digunakan, diperoleh hasil bawa variabel atribut produk sebagai variabel bebas terbukti mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Ini dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,862 dan koefisien determinasi  R2  sebesar 0,742, dengan F hitung sebesar 45, 507 dan F tabel sebesar 2,330 pada tingkat signifikan 5%. Karena F hitung lebih besar nilainya daripada F tabel mempunyai arti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang kuat secara bersama-sama (simultan) antara variabel bebas yaitu harga (X1), kualitas (X2), fitur (X3), desain (X4), dan layanan purna jual (X5) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Dengan hasil R2 sebesar 0,742 dapat dinyatakan bahwa 74,2% perubahan variabel Y dipengaruhi oleh variabel X dan sisanya yang sebesar 2, 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan diketahuinya bahwa nilai variabel bebas yang terbesar adalah variabel harga (X1) yaitu sebesar 39,7%, maka dapat dinyatakan bahwa variabel harga merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap variabel keputusan pembelian (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/383/050903210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 13:41
Last Modified: 24 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114246
[thumbnail of 050903210.pdf]
Preview
Text
050903210.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item