MaharrandiYusup (2009) Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan : studi kasus pada PT. Malang Post. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Komunikasi dalam organisasi terdiri dari variabel komunikasi formal dan komunikasi informal, serta variabel prestasi kerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Malang Post, Malang Jawa Timur. Populasinya adalah karyawan tetap yang berjumlah 50 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel populasi hal ini mengingat populasi karyawan PT. Malang Post yang diambil oleh peneliti memungkinkan untuk diambil secara keseluruhan. Dalam penelitian ini hipotesisnya adalah ada pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial antara komunikasi formal (X1), dan komunikasi informal (X2), terhadap pretasi kerja karyawan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui signifikansi sebesar 0,000 dari hasil analisis regresi berganda disimpulkan bahwa variabel komunikasi formal (X1), dan komunikasi informal (X2), secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh yang signifikan pada tingkat 5% (0,05) terhadap variabel prestasi kerja karyawan (Y) dengan nilai probabilitas (Sig F) 0,000. Secara parsial variabel komunikasi formal (X1), dan komunikasi informal (X2), juga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi kerja karyawan (Y). Hal ini dilihat dari nilai signifikansi komunikasi formal (X1) sebesar 0,000, dan signifikansi komunikasi informal (X2) sebesar 0,012, yaitu ≤ 0,05. Selanjutnya variabel dominan dalam penelitian ini adalah variabel komunikasi formal (X1), hal ini dilihat dari nilai koefisien regresi (B) tertinggi dibandingkan variabel komunikasi informal yaitu sebesar 0,679. Penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial komunikasi formal (X1), dan komunikasi informal (X2), berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan (Y). Oleh karena itu penerapan komunikasi dalam organisasi ini harus diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/381/050903208 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 10:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114244 |
Preview |
Text
050903208.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |