Pengaruh Komunikasi Lisan (Word Of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian : survai pada pembeli sepeda motor di Dealer HK Motor Kepanjen, Kabupaten Malang

RatihWidyastuti (2009) Pengaruh Komunikasi Lisan (Word Of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian : survai pada pembeli sepeda motor di Dealer HK Motor Kepanjen, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat Indonesia adalah kelompok yang memiliki tingkat bersosialisasi yang kuat. Dampak dari tingkat komunitas yang kuat ini sangat berpengaruh pada strategi komunikasi dalam konteks perluasan pasar. Bukan hanya faktor bersosialisasi tetapi kebiasaan masyarakat yang banyak membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi dan memiliki kecenderungan kuat untuk membagi informasi. Ketika seorang konsumen mengeluarkan uang untuk mengkonsumsi suatu produk atau jasa, ia secara langsung juga mengkonsumsi pengalaman yang kemudian berakhir pada suatu tingkat kepuasan emosional. Kepuasan emosional inilah yang akan menghasilkan Komunikasi Lisan (word of mouth) dan diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian secara berulang bahkan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa Dealer HK Motor kepada orang lain. Komunikasi lisan (word of mouth) merupakan usaha pemasaran yang memicu konsumen untuk membicarakan, mempromosikan, merekomendasikan, dan menjual produk atau merek perusahaan kepada konsumen lain. Dengan adanya peluang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Komunikasi Lisan (word of mouth) terhadap Keputusan Pembelian baik secara simultan maupun parsial, mengetahui variabel Komunikasi Lisan (word of mouth) yang paling berpengaruh. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research, yaitu: penelitian penjelasan yang menguji hipotesis pengaruh variabel Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen. Variabel bebas yang digunakan adalah reference group (X1) dan opinion leaders (X2). Variabel terikatnya adalah keputusan pembelian oleh konsumen (Y). Penelitian dilakukan di Dealer HK Motor Kepanjen Kabupaten Malang dengan sampel pembeli sepeda motor berdasarkan rekomendasi sebayak 46 orang responden. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yang penentuan masing-masing responden dilakukan secara purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda serta regresi parsial. Hasil penelitian menjelaskan tentang pengaruh yang signifikan dari kedua variabel Komunikasi Lisan (word of mouth) terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen yang dilihat dari F hitung sebesar 57,149 dengan probabilitas 0,000 (p<0,05) dan kontribusi yang diberikan 71,4 % yang menempatkan variabel Opinion Leaders (X2) berpengaruh paling dominan terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Komunikasi Lisan (word of mouth) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen. Hubungan antara sumber Word Of Mouth (pemberi informasi) dengan penerima informasi dapat mempengaruhi efek dari informasi yang disebarkan. Semakin tinggi tingkat kesamaan dan semakin kuat hubungan antara sumber dan penerimanya, maka akan semakin besar pengaruh Komunikasi Lisan (word of mouth) terhadap pengambilan keputusan membeli oleh penerima informasi. Saran yang dapat diberikan agar Dealer HK Motor dapat lebih meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan konsumen yang sudah dimiliki sekarang. Hal ini dapat dicapai ketika produk dan jasa yang diberikan oleh Dealer HK Motor mampu memberikan kepuasan kepada penggunanya yaitu pelanggan ataupun konsumen yang baru pertama kali membeli yang merupakan kunci utama pemasaran saat ini dan menjadi pusat perhatian dealer karena berpotensi dapat menyebarkan Komunikasi Lisan (word of mouth).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/379/050903206
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 13:58
Last Modified: 24 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114241
[thumbnail of 050903206.pdf]
Preview
Text
050903206.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item