Variabel Kesuksesan System Online Payment Point (SOPP) Dan Pengaruhnya Terhadap Mutu Pelayanan : survey pada Karyawan PLN APJ Malang

AdhiYogaPratama (2009) Variabel Kesuksesan System Online Payment Point (SOPP) Dan Pengaruhnya Terhadap Mutu Pelayanan : survey pada Karyawan PLN APJ Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

System Online Payment Point adalah aplikasi front office yang digunakan untuk melayani pembayaran/pelunasan piutang pelanggan. SOPP ini adalah layanan baru dari PLN untuk informasi rekening, stand meter, tunggakan, pasang baru, perubahan daya dan tarif serta pembayaran rekening listrik secara online yang bisa di lakukan disemua loket PLN atau bank yang sudah tersedia loket PLN. SOPP pada PLN APJ Malang sebagai upaya pengelolaan data tagihan dan rekening memiliki peranan penting terkait dengan keputusan staf PLN APJ Malang dalam memberikan pelayanan listrik, sebagai salah satu prasyarat pengembangan mutu dengan berorientasi pada data. Dengan adanya SOPP dapat meningkatkan kinerja, efisiensi, dan efektivitas PLN APJ Malang, sehingga dapat mempengaruhi mutu pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori dan pendekatan survey. Variabel-variabel SOPP yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel mutu sistem, mutu informasi, penggunaan informasi, kepuasan pemakai, dampak individu, dan dampak organisasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PLN APJ Malang yang setiap hari bekerja dengan menggunakan program SOPP di wilayah PLN APJ Malang. Jumlah sampel yang digunakan adalah 68 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel kesuksesan sistem yang digunakan yaitu variabel mutu sistem, mutu informasi, penggunaan informasi, kepuasan pemakai, mutu servis, dampak individu, dan dampak organisasi terhadap mutu pelayanan secara simultan maupun parsial. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa variabel-variabel SOPP secara simultan maupun parsial mempengaruhi kualitas pelayanan. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% atau signifikan 0.05 (α = 0.05). Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa mutu sistem, mutu informasi, penggunaan informasi, kepuasan pemakai, dampak individu, dan dampak organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pelayanan melalui uji secara bersama-sama atau simultan. Mutu sistem, mutu informasi, penggunaan informasi, kepuasan pemakai, dampak individu, dan dampak organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pelayanan melalui uji secara parsial. Para responden yang pada penelitian ini adalah karyawan PLN APJ Malang yang bekerja menggunakan program SOPP di wilayah PLN APJ Malang mempercayai dan menyadari bahwa dengan menggunakan SOPP dapat meningkatkan kinerja, efisiensi, dan efektivitas PLN APJ Malang dalam peningkatan mutu pelayanannya. Oleh karena itu perlu adanya pemeliharaan dan pengembangan System Online Payment Point (SOPP) agar mutu pelayanan yang dihasilkan semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/371/050903070
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2009 09:07
Last Modified: 24 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114234
[thumbnail of 050903070.pdf]
Preview
Text
050903070.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item