Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia : studi di SMPN 2 Lawang

EkaWWAmbarsari, (2009) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia : studi di SMPN 2 Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan yang sedang dilakukan oleh bangsa Indonesia tidak akan pernah lepas dari pembagunan ataupun pengembangan sumber daya manusia. Karena sumber daya manusia merupakan sumber daya yang akan selalu berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu sarana pengembangan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Guna mengembangkan pendidikan di Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melakukan penyempurnaan/pengembangan kurikulum. Seperti halnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang saat ini diterapkan merupakan kurikulum penyempurna Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). SMPN 2 Lawang yang terletak di desa Sidodadi Kec. Lawang, merupakan salah satu sekolah yang baru saja menerapkan KTSP pada tahun ajaran 2007/2008 terutama untuk siswa kelas VII. Permasalahan yang kemudian muncul adalah bagaimana pelaksanaan KTSP di SMPN 2 Lawang dalam proses belajar mengajar, mengingat kurikulum tersebut baru saja diterapkan dan belum semua guru mendapatkan sosialisasi tentang KTSP itu sendiri. Permasalahan lain yang muncul adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh SMPN 2 Lawang dalam pelaksanaan KTSP sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia seta faktor penghambat dan pendukungnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada awal penerapan KTSP,guru menggunakan metode yang menurutnya sesuai untuk digunakan agar siswa dapat mengerti dan memahami materi yang diberika oleh guru yang bersangkutan karena belum semua guru mendapatkan sosialisasi tentang KTSP. Kemudian, setelah semua guru mendapatkan sosialisasi tentang KTSP, maka metode yang digunakan dalam belajar mengajar adalah PEM (Post Era Methode) yaitu gabungan antara metode yang lama dan metode yang baru. Guna mendukung pelaksaan KTSP tersebut, maka Kepala Sekolah melakukan berbagai upaya yang nantinya dapat mendukung pengembangan sumber daya manusia terutama kualitas peserta didiknya. Selainitu, guru juga melakukan pembaharuan di sistem belajar mengajar dan pengembangan kemampuan dan ketrampilan siswa. Pada dasranya pelaksanaan KTSP di SMPN2 Lawang sudah bisa meningkatkan kualitas peserta didiknya. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai siswa, selain itu,sarana dan prasarana yang ada juga sudah cukup memadai. Namun,walaupun begitu masih saja ada faktor yang menghambat pelaksanaan KTSP di SMPN 2 Lawang, seperti minimnya bantuan buku paket dari pemerintah yang yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang adadi SMPN 2 Lawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/37/050900576
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 10:15
Last Modified: 24 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114232
[thumbnail of 050900576.pdf]
Preview
Text
050900576.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item