Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan : studi kasus pada Pelanggan Kirana Tour And Travel Malang

Kwee, MariaStella (2009) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan : studi kasus pada Pelanggan Kirana Tour And Travel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi relationship marketing ini merupakan kunci untuk membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh variabel-variabel relationship marketing, yang terdiri dari keuntungan bersama (X1), komitmen (X2), kebenaran (X3) dan komunikasi (X4) secara simultan dan parsial tehadap loyalitas pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Kirana Tour and Travel dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling menggunakan aksidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, yang diukur menggunakan skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda dan regresi parsial. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa variabel keuntungan bersama (X1), komitmen (X2), kebenaran (X3) dan komunikasi (X4) mempunyai pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai adjusted R square sebesar 0,689 atau 68,9%, dengan probabilitas sebesar 0,000, sedangkan pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa variabel kebenaran (X3) mempunyai pengaruh yang dominan dibandingkan ketiga variabel bebas lainnya, hal ini ditunjukkan dengan t hitung sebesar 6,906. Kesimpulan dari penelitian ini adalah relationship marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dimensi relationship marketing yang dominan yaitu kebenaran, sehingga hendaknya diberi perhatian khusus, sehingga pelanggan tetap loyal terhadap Kirana Tour and Travel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/368/050902988
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2009 09:41
Last Modified: 24 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114230
[thumbnail of 050902988.pdf]
Preview
Text
050902988.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item