Peningkatan Profesionalisme Aparatur Dalam Mengembangkan Pelayanan : studi pada Kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

AriaSuanda (2009) Peningkatan Profesionalisme Aparatur Dalam Mengembangkan Pelayanan : studi pada Kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Reformasi yang terjadi di Indonesia beberapa tahun belakangan ini telah banyak memberi pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Terkait dengan pelaksanaan otonomi daerah khususnya pemerintah kabupaten dan kota, salah satu aspek pembangunan yang banyak dicermati oleh masyarakat adalah yang berhubungan dengan masalah pelayanan publik. Masyarakat menginginkan pelayanan yang diberikan tidak hanya sebagai pemenuhan tugas rutin dari aparatur saja. Kompleknya masalah pelayanan masyarakat, diperlukan kesungguhan dari pemerintah untuk selalu berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Mengingat begitu pentingnya masalah pemberian pelayanan kepada publik, maka pemerintah menetapkan standart pelayanan minimum sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan, yang diatur berdasar Keputusan MENPAN No. 63 Tahun 2003. Oleh karena itu peningkatan profesionalisme aparat pemerintah dalam kualitas pelayanan perlu untuk ditingkatkan dalam upaya memenuhi standart pelayanan minimum tersebut. Dalam skripsi ini permasalahan yang dibahas adalah pertama bagaimana profesionalisme pelayanan publik di kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, kemudian upaya apa yang dilakukan kantor Kecamatan Semen untuk meningkatkan profesionalisme aparaturnya dalam mengembangkan pelayanan, dan terakir faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme aparatur kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dalam mengembangkan pelayanan. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profesionalisme pelayanan publik di kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Selain itu juga untuk mendiskripsikan upaya-upaya yang dilakukan kantor kecamatan Semen untuk meningkatkan profesionalisme aparaturnya dalam mengembangkan pelayanan. Terakir tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme aparatur dalam mengembangkan pelayanan. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi dilakukan dengan cara wawancara menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk memperoleh data yang benar-benar relevan dengan tujuan penelitian. Supaya data yang diperoleh relevan dengan masalah yang dianalisa, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah pertama; Profesionalisme aparatur dalam pelayanan publik di kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dilihat dari Kemampuan aparat dalam pemberan layanan yang meliputi Tanggung jawab pegawai, disiplin pegawai dan komitmen terhadap prosedur pelayanan yang ditetapkan. Kedua; Upaya yang dilakukan kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri untuk meningkatkan profesionalisme aparatur yang meliputi peningkatan kualitas sumber daya aparatur, praktek pelayanan prima. Dan yang ketiga; Faktorii faktor Yang mempengaruhi peningkatan profesionalisme aparatur dalam mengembangkan pelayanan yang meliputi tingkat pendidikan, sarana dan prasarana pelayanan,dan masa kerja pegawai dan etos kerja Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme aparat kecamatan Semen dalam memberikan pelayanan sudah baik, komitmen terhadap prosedur yang telah ditetapkan juga cukup baik. Hanya saja dalam praktek pelaksanaan disiplin kerja masih kurang dan harus ditingkatkan. Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Semen untuk meningkatkan kualitas aparaturnya sudah cukup baik. Ketersediaan sarana dan prasarana di Kecamatan Semen juga sudah cukup baik didukung dengan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai, yang mampu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Secara umum pelayanan di Kecamatan Semen telah memenuhi standart pelayanan minimum akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/367/050902987
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 11:08
Last Modified: 24 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114229
[thumbnail of 050902987.pdf]
Preview
Text
050902987.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item