Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Manajemen Laba : study pada Perusahaan Automotive And Allied Products Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008

KarinaLiliaSari (2009) Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Manajemen Laba : study pada Perusahaan Automotive And Allied Products Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat proporsi saham perusahaan yang bagaimana yang dapat mengurangi tingkat opportunities dari pihak pengelola keuangan perusahaan. Keadaan ini muncul karena adanya konflik kepentingan perusahaan dimana tiap-tiap kkedudukan baik pemilik perusahaan maupun pihak manajemen ingin mensejahterakan kehidupan mereka masingmasing. Struktur Kepemilikan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah struktur kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan dewan komisaris yang diukur dengan metode tertentu. Sedangkan variabel manajemen laba nya diukur dengan menggunakan hitungan akrual modal kerja dimana akrual modal kerja disini dicari dengan indicator aktiva lancar, hutang kancar dan kas dan pendapatan perusahaan. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan adanya pengaruh positif antara kepemilikan institusional terhadap manajemen laba perusahaan. Hasil pengujian secara parsial terhadap kedua variabel yang lain, yaitu kepemilikan manajerial dan susunan dewan komisaris tidak menunjukkan adanya pengaruh terhadap manajemen laba perusahaan. Adanya pengaruh positif kepemilikan institusional terhadap manajemen laba menunjukkan fenomena bahwa manajemen laba pada perusahaan dengan mayoritas kepemilikan saham oleh institusi dapat bersifat efisien, tidak selalu bersifat oportunis. Jika manajemen laba bersifat efisien, maka dengan semakin bertambahnya komposisi kepemilikan institusi justru akan akan semakin meningkatkan motivasi perusahaan untuk melakukan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/364/050902984
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2009 09:59
Last Modified: 24 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114227
[thumbnail of 050902984.pdf]
Preview
Text
050902984.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item