Pengaruh Bauran Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan (Studi Kasus pada PT. Bumi Andhika Permai).

AdityaKhoirulFahmi (2009) Pengaruh Bauran Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan (Studi Kasus pada PT. Bumi Andhika Permai). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran Promosi merupakan salah satu strategi pemasaran yang penting, promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bauran promosi terhadap penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan analisis statistik inferensial, dengan 4 (empat) variabel yaitu iklan (X 1), promosi penjualan (X2), humas (X3), personal selling (X4), serta satu variabel terikat yaitu penjualan (Y). Penelitian ini dilakukan di PT. Bumi Andhika Permai. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder berupa bahan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari Iklan (X1), Promosi penjualan (X2), Humas (X3), dan Personnal selling (X4) mempunyai pengaruh terhadap Penjualan (Y) sebesar 0,989 atau sebesar 98,9%. Hal itu berarti bahwa variabel Y dipengaruhi oleh X1, X2 , X3, X4, sedangkan sisanya 1,1 % dipengaruhi variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Variabel iklan (X1) merupakan variabel yang paling dominan terhadap loyalitas (Y), karena variabel iklan (X1) mempunyai t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan variabel Promosi penjualan (X2), Humas (X3), dan Personnal selling (X4), yaitu sebesar 8,349. Dengan diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara bauran promosi dengan penjualan, PT. Bumi Andhika Permai hendaknya dapat lebih memperhatikan kegiatanya dalam hal bauran promosi karena sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Dengan diketahuinya bahwa iklan merupakan variabel yang dominan maka hendaknya pihak PT. Bumi Andhika Permai untuk lebih meningkatkan strateginya pada kreatifitas dan frekuensi dalam mempromosi atau menginformasikan produk melalui media-media iklan baik sudah maupun belum dilakukan seperti televisi, radio, maupun majalah atau koran dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/359/050902841
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2009 09:27
Last Modified: 24 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114221
[thumbnail of 050902841.pdf]
Preview
Text
050902841.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item