Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) dalam Pembelian Shampoo (Survey pada Mahasiswa Kost Kelurahan Ketawanggede Malang)

Nurmawati (2009) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) dalam Pembelian Shampoo (Survey pada Mahasiswa Kost Kelurahan Ketawanggede Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen dalam memilih suatu produk dengan merek tertentu memiliki motif untuk memenuhi kebutuhan terhadap suatu produk yang diharapkan mampu memberi kepuasan. Konsumen yang merasa tidak puas dengan kinerja produk karena tidak sesuai dengan harapan memiliki kecenderungan beralih ke merek lain ( brand switching ). Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor yang membentuk produk, harga, promosi, saluran distribusi, pribadi dan psikologis dan menguji faktor-faktor tersebut yang berpengaruh terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan bentuk pengamatan berupa survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 121 orang responden yaitu mahasiswa kost Kelurahan Ketawanggede Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, faktor eksploratori dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor persediaan produk (X 1 ), iklan (X 2 ), kondisi keuangan (X 3 ), atribut produk (X 4 ) dan pembelajaran (X 5 ) secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 5,269 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Faktor pembelajaran merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo dan merupakan faktor yang dominan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,728 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Saran yang dapat diajukan berdasarkan penelitian ini yaitu produsen shampoo hendaknya mampu memberikan inovasi produk yang bersifat intrinsik dan bukan ekstrinsik karena konsumen tidak mudah beralih merek karena tampilan yang menarik. Oleh karena itu, sebaiknya produsen selalu mengamati kebutuhan konsumen dan membuat produk yang inovatif untuk mengatasi permasalahan rambut seperti ket ombe dan kerontokan. Adapun kebijakan produsen shampoo yang terkait dengan strategi penetapan harga, periklanan dan saluran distribusi harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Hal tersebut mampu membawa dampak positif sehingga konsumen akan selalu setia menggunakan produk perusahaan dan tidak mudah beralih karena faktor harga, iklan dan saluran distribusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/356/050902838
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2009 10:59
Last Modified: 24 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114218
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV.pdf]
Preview
Text
bab_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_kuesioner_1.pdf]
Preview
Text
lampiran_kuesioner_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tabel_Pemetaan_Penelitian_Terdahulu.pdf]
Preview
Text
tabel_Pemetaan_Penelitian_Terdahulu.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item