Nurmawati (2009) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) dalam Pembelian Shampoo (Survey pada Mahasiswa Kost Kelurahan Ketawanggede Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen dalam memilih suatu produk dengan merek tertentu memiliki motif untuk memenuhi kebutuhan terhadap suatu produk yang diharapkan mampu memberi kepuasan. Konsumen yang merasa tidak puas dengan kinerja produk karena tidak sesuai dengan harapan memiliki kecenderungan beralih ke merek lain ( brand switching ). Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor yang membentuk produk, harga, promosi, saluran distribusi, pribadi dan psikologis dan menguji faktor-faktor tersebut yang berpengaruh terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan bentuk pengamatan berupa survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 121 orang responden yaitu mahasiswa kost Kelurahan Ketawanggede Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, faktor eksploratori dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor persediaan produk (X 1 ), iklan (X 2 ), kondisi keuangan (X 3 ), atribut produk (X 4 ) dan pembelajaran (X 5 ) secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 5,269 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Faktor pembelajaran merupakan faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku peralihan merek ( brand switching ) shampoo dan merupakan faktor yang dominan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,728 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Saran yang dapat diajukan berdasarkan penelitian ini yaitu produsen shampoo hendaknya mampu memberikan inovasi produk yang bersifat intrinsik dan bukan ekstrinsik karena konsumen tidak mudah beralih merek karena tampilan yang menarik. Oleh karena itu, sebaiknya produsen selalu mengamati kebutuhan konsumen dan membuat produk yang inovatif untuk mengatasi permasalahan rambut seperti ket ombe dan kerontokan. Adapun kebijakan produsen shampoo yang terkait dengan strategi penetapan harga, periklanan dan saluran distribusi harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Hal tersebut mampu membawa dampak positif sehingga konsumen akan selalu setia menggunakan produk perusahaan dan tidak mudah beralih karena faktor harga, iklan dan saluran distribusi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/356/050902838 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Sep 2009 10:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114218 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_kuesioner_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
tabel_Pemetaan_Penelitian_Terdahulu.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
TANDA_PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |