Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentuan Strategi Perusahaan Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing (Study Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “Gangsar”, Tulungagung).

DyanEkaPutriPratiwi (2009) Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentuan Strategi Perusahaan Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing (Study Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “Gangsar”, Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan pola persaingan global memerlukan analisis terhadap segala kekuatan yang mempengaruhi perusahaan secara berkesinambungan. Bisnis dan strategi perusahaan pun perlu diubah untuk memperoleh peluang-peluang serta menghindari ancaman. Mengantisipasi masalah-masalah tersebut agar perusahaan tetap bertahan hidup, maka pihak pimpinan perusahaan harus mampu menciptakan seni tersendiri untuk memanage perusahaan, salah satunya adalah dengan strategi perusahaan yang tepat. Salah satu cara untuk menganalisis adanya perubahan-perubahan lingkungan eksternal maupun internal pada perusahaan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kondisi lingkungan baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar"?, 2) Apa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar" serta bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar"?, 3) Bagaimana perumusan dan penetapan strategi perusahaan yang tepat didasarkan pada analisis SWOT dalam upaya mencapai keunggulan bersaing? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kondisi lingkungan, baik internal maupun eksternal perusahaan, untuk menganalisis kondisi perusahaan dengan analisis SWOT, sehingga dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, serta untuk merumuskan dan menetapkan strategi yang sesuai bagi perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing guna membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan. Jenis metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus dengan fokus penelitian yaitu Lingkungan Internal Perusahaan dan Lingkungan Eksternal Perusahaan. Penelitian dilakukan di Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar", Ngunut, Tulungagung. Media yang digunakan yaitu Analisis Lingkungan Internal, Analisis Strategic Advantages Profile (SAP), Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis Environtmental Threat and Opportunity Profile (ETOP) serta Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analsis SWOT, dapat diketahui kekuatan serta kelemahan perusahaan dan peluang serta ancaman yang dihadapi perusahaan. Dengan peluang yang bagus serta kekuatan yang cukup besar, Perusahaan Kacang Shanghai "Gangsar" memiliki posisi bersaing yang cukup kuat jika dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri yang sejenis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/353/050902835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2009 11:50
Last Modified: 24 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114215
[thumbnail of 050902835.pdf]
Preview
Text
050902835.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item