Strategi Pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam Menunjang Pembangunan Perekonomian Masyarakat Pedesaan (Studi Tentang Korelasi Pariwisata dan Agribisnis).

LailatulBadriyah (2009) Strategi Pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam Menunjang Pembangunan Perekonomian Masyarakat Pedesaan (Studi Tentang Korelasi Pariwisata dan Agribisnis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan pariwisata khususnya wisata minat khusus merupakan produk pariwisata alternatif yang terfokus dengan pengelolaanya oleh masyarakat setempat. Kawasan Desa Wisata Adenium, potensi wisata minat khusus yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik tersebut berawal dari pengelolaan sektor agribisnis bunga adenium yang terpusat pada 5 desa yang tergabung dalam 1 area atau membentuk 1 kawasan. Dalam pengembangannya sebagai Kawasan Desa Wisata Adenium, diupayakan adanya strategi-strategi bersama khususnya proteksi dari pemerintah guna mendukung pembangunan pariwisata sebagai suatu langkah strategi penciptaan pembangunan perekonomian masyarakat pedesaan Kawasan Desa Wisata Adenium khususnya. Dengan mengedepankan kedua unsur yaitu pariwisata dan agribisnis, diharapkan keterkaitan tersebut mampu menciptakan sebuah terobosan agrowisata. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah strategi yang diterapkan dalam mengembangkan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam menunjang pembangunan perekonomian masyarakat pedesaan, (2) faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam menunjang pembangunan perekonomian masyarakat pedesaan. Berkaitan dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam menunjang pembangunan perekonomian masyarakat pedesaan, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisa faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium dalam menunjang pembangunan perekonomian masyarakat pedesaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian adalah Kawasan Desa Wisata Adenium Kabupaten Gresik dengan situs penelitian utamanya adalah Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kabupaten Gresik. Dengan sumber data primer berupa hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data tertulis yang didapat dari situs penelitian tersebut. Dengan analisis kualitatif dapat diketahui bahwa ada 5 strategi yang difokuskan untuk pengembangan Kawasan Desa Wisata Adenium. Kelima strategi tersebut adalah: strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar dan promosi, strategi penataan tata ruang Kawasan Desa Wisata Adenium, strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan strategi pengembangan kemitraan/kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Strategi-strategi tersebut saling terkait dan melengkapi satu sama lain, yang tujuan utamanya memberikan proteksi kebijakan yang disesuaikan dengan kebutuhannya baik melalui pembangunan pariwisata maupun pengembangan agribisnis yang akhirnya terjalin menjadi suatu bentuk agrowisata yang ditunjang oleh partisipasi masyarakat dan pemberdayaan oleh instansi terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/351/050902762
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2009 09:17
Last Modified: 24 Oct 2021 01:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114213
[thumbnail of 050902762.pdf]
Preview
Text
050902762.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item