Penerapan Analisis Fundamental dengan Model Gordon untuk Mengetahuai Kewajaran Harga Saham : studi kasus pada Industri Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2006

AkhmadMoes`ab (2009) Penerapan Analisis Fundamental dengan Model Gordon untuk Mengetahuai Kewajaran Harga Saham : studi kasus pada Industri Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model Gordon merupakan salah satu alat atau cara untuk menghitung nilai intirinsik dari suatu saham, dari nilai intrinsik ini kita dapat membandingkan dengan nilai pasar yang terjadi saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewajaran dari suatu saham sektor industri pertambangan yang terdaftar di BEI selama periode 2002-2006. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif (penjelasan) dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, dimana peneliti hanya mengembangkan konsep dan menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesis serta penelaahan kepada satu yang dilakukan secara intensif, mendalam, mendetail, dan komprehensif. Objek penelitian ini adalah PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Internatinal Nickel Indonesia Tbk, PT. Timah Tbk, PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT. Medco Energi International Tbk. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari semua perusahaan yang dijadikan objek penelitian, kesemua perusahaan tersebut mengalami keadaan yang tidak wajar atau overvalued, hal ini dikarenakan tingkat fluktuatif harga yang terjadi di pasar sangat tinggi, sementara pertumbuhan deviden pada perusahaan yang dijadikan objek penelitian sangat kecil sehingga nilai intrinsik yang didapat berbeda lumayan jauh dari nilai pasarnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar investor dan calon investor untuk tidak membeli saham-saham tersebut dan seandainya para investor memiliki saham itu agar segera menjualnya karena cepat atau lambat saham-saham tersebut akan terkoreksi turun dengan sendirinya mendekati nilai wajar dari saham tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/35/050900574
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 09:57
Last Modified: 24 Oct 2021 00:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114211
[thumbnail of 050900574.pdf]
Preview
Text
050900574.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item