Alternatif Pendanaan Leasing atau Hutang Jangka Panjang pada Pengadaan Aktiva Tetap : studi kasus pada Perusahaan Indah Cemerlang Singosari-Malang

BerlianFebryanti, (2009) Alternatif Pendanaan Leasing atau Hutang Jangka Panjang pada Pengadaan Aktiva Tetap : studi kasus pada Perusahaan Indah Cemerlang Singosari-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan Teknologi yang diikuti perkembangan kegiatan perekonomian yang cukup pesat membuat semua perusahaan yang bergerak dalam berbagai macam bidang harus dapat mengikutinya. Perkembangan dan perluasan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga konsistensinya dalam menjalankan usahanya dan juga bertahan terhadap pesaing-pesaing yang baru ataupun yang telah lama ada. Salah satunya dengan perluasan dan pengembangan usaha melalui penambahan sarana dan prasarana yang secara langsung atau tidak langsung mendukung proses usaha itu sendiri. Penambahan prasarana secara langsung adalah dengan cara membeli aktiva tetap berupa mesin, sumber dana untuk pembelian aktiva tetap dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan pendanaan ekstern ataupun pendanaan intern . Pendanaan ekstern dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank berupa hutang jangka panjang ataupun menggunakan cara lain yaitu dengan menyewa aktiva tetap atau yang disebut dengan leasing . Pendanaan leasing dan hutang jangka panjang sendiri mempunyai karakteristik cashflow yang serupa, yang membedakan adalah pengaruh pajak dari keduanya dan bunga yang ditetapkan juga berbeda. Karena karakteristik cashflow yang hampir sama antara pendanaan Leasing dan hutang jangka panjang, perusahaan yang akan menggunakan salah satu pendanaan ini harus dapat mempertimbangkan yang terbaik bagi perusahaannya. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana pendanaan yang cocok bagi perusahaan Indah Cemerlang apakah menggunakan pendanaan leasing atau hutang jangka panjang pada pengadaan aktiva tetap berupa mesin . Adapun manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk dapat memilih pendanaan yang cocok antara pendanaan leasing atau hutang jangka panjangnya dalam melakukan pendanaan aktiva tetap yang selanjutnya dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam pengambilan keputusan perusahaan dalam investasi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah Perusahaan Indah Cemerlang yang terletak pada jalan Rogonoto no. 261 Singosari-Malang. Fokus pada penelitian ini adalah Pola perhitungan aliran kas dalam penentuan dan pemilihan alternatif pemenuhan kebutuhan aktiva tetap melalui leasing atau hutang jangka panjang. Sumber data pada penelitian ini didapat dengan cara data sekunder dan data primer, dan tekhnik analisis yang digunakan dengan cara membandingkan pola aliran cash out flow antara pendanaan leasing dan hutang jangka panjang dan yang menghasilkan NPV terkecil adalah pendanaan yang menguntungkan apabila dilakukan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/34
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 09:51
Last Modified: 24 Oct 2021 00:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114201
[thumbnail of 050900573.pdf]
Preview
Text
050900573.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item