Pengaruh Penilaian Kinerja (Performance Appraisal) Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan : studi pada PT. Bank Jatim cabang Malang

AnggaKusumaKhrisnasiwi (2009) Pengaruh Penilaian Kinerja (Performance Appraisal) Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan : studi pada PT. Bank Jatim cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada hakekatnya, penilaian kinerja merupakan laporan formal yang mencakup informasi mengenai kinerja karyawan atau kontribusi yang telah mereka berikan kepada perusahaan serta mengukur kemampuan karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dengan jalan membandingkan hasil kerja dengan standar yang telah ditentukan. Bagi karyawan, dengan adanya sistem penilaian kinerja diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat digunakan para karyawan dalam mengarahkan usaha mereka kearah perbaikan kinerja. Dengan mengetahui hasil penilaian atas perilaku dan kinerja sendiri, maka akan memberikan suatu dorongan atau motivasi untuk terus memperbaiki diri. Proses penilaian kinerja yang efektif akan memberikan hasil yang akurat dan dapat memberikan kepuasan terhadap karyawan yang dinilai. Karyawan akan merasa puas terhadap hasil penilaian kinerja yang dilakukan terhadap dirinya jika proses penilaian kinerja berjalan dengan baik. Dengan demikian, karyawan yang merasa puas terhadap hasil penilaian diharapkan akan memberikan kontribusi atau kinerja yang lebih optimal bagi perusahaan. Selain itu, hasil penilaian kinerja dapat menjadi acuan bagi masing – masing karyawan untuk menentukan langkah selanjutnya yaitu perencanaan karir mereka. Tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh langsung antara penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui tingkat pengaruh tidak langsung antara penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa hasil jawaban karyawan atas kuesioner yang telah diajukan di PT. Bank Jatim cabang Malang. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Sedangkan untuk mengetahui tingkat signifikansi dari pengaruh tiap variabel dalam penelitian ini digunakan analisis jalur (path analysis) dengan α = 5%. Selanjutnya dari hasil analisis jalur (path analysis) dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 dan 2 diterima dan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (p<0,05) antara penilaian kinerja (X1) terhadap kepuasan kerja (X2), serta antara kepuasan kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y), dengan koefisien jalur masing-masing sebesar ρ21 = 0,561 dan ρy2 = 0,489. Begitu pula dengan hipotesis 3 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan (p<0,05) antara penilaian kinerja (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan koefisien jalur sebesar ρy1 = 0,432. Dengan demikian, nilai pengaruh total (total effect) sebesar 0,706 yang berarti lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsungnya (direct effect) yang hanya sebesar 0,432. Hal ini berarti bahwa variabel antara (intervening variabel) pada penelitian ini yaitu kepuasan kerja karyawan memperkuat pengaruh variabel bebas yaitu penilaian kinerja karyawan terhadap variabel terikat yaitu kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/337/050902624
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 09:39
Last Modified: 24 Oct 2021 00:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114198
[thumbnail of 050902624.pdf]
Preview
Text
050902624.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item