Penggunaan Analisis DDM (Dividend Discount Model) Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada Sektor Industri Consumer Goods di BEI.

MuhamadZahrilAstika (2009) Penggunaan Analisis DDM (Dividend Discount Model) Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada Sektor Industri Consumer Goods di BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapakah nilai intrinsik atau nilai sebenarnya dari suatu saham perusahaan dengan menggunakan analisis DDM ( Dividen Discount Model ), apakah harga sebenarnya dari saham perusahaan tersebut lebih tinggi dari harga pasar sahamnya ( undervalued ), atau harga sebenarnya dari saham perusahaan tersebut lebih rendah dari harga pasar sahamnya ( overvalued ), serta harga sebenarnya dari saham perusahaan tersebut berada pada tingkat harga yang sama dengan harga pasar ( correctly valued ). Perusahaan-perusahaan yang diteliti adalah perusahaan yang tergabung dalam sektor industri consumer goods, berdasarkan metode purposive sampling diperoleh perusahaan emiten yang memenuhi kriteria. Perusahaan tersebut antara lain PT Mustika Ratu Tbk, PT Mandom Indonesia Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk selama enam tahun (2003-2008). Adapun data-data yang diperlukan untuk perhitungan DDM, antara lain ROE, EPS, DPS, harga pasar saham perusahaan tersebut, serta data-data lain yang mendukung perhitungan DDM, misalnya rasiorasio keuangan perusahaan. Setelah dianalisa melalui pendekatan DDM dengan menggunakan Constant Growth Model, diperoleh bahwa saham-saham pada perusahaan PT Mustika Ratu Tbk dan PT Unilever Indonesia Tbk pada awal tahun 2009 mengalami undervalued, sedangkan saham PT Mandom Indonesia Tbk pada awal tahun 2009 mengalami overvalued . Jadi, investor bisa mengambil keputusan untuk membeli saham-saham perusahaan yang mengalami undervalued, serta menjual saham-saham perusahaan yang mengalami overvalued .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/333/050902595
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2009 09:36
Last Modified: 24 Oct 2021 00:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114194
[thumbnail of 050902595.pdf]
Preview
Text
050902595.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item