RiccaSetiyawati (2009) Analisis Bauran Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Survei Pada Siswa SMAN I dan SMAN III Malang Pengguna Produk Telkom FlexyTrendy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi telepon seluler merupakan salah satu teknologi terkini yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teknologi ini memungkinkan manusia berkomunikasi dengan data, suara, maupun gambar dengan berbasis akses tanpa kabel dengan jangkauan yang sangat luas. Operator-operator seluler mulai bersaing untuk menarik konsumenya mulai dari tawaran fitur baru, diskon khusus, pelayanan ekstra dan sebagainya. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjual suatu produk dan menarik konsumen adalah promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang terbentuk dalam bauran promosi dan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan produk FlexiTrendy. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMAN I dan SMAN III Malang yang menggunakan FlexiTrendy. Teknik pengambilan sampel probabilitas dengan complete enumeration atau sensus. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor explorative. Data primer diolah dengan bantuan program SPSS 13 for windows dengan jumlah sampel 117. Dari hasil analisis diketahui faktor yang terbentuk adalah enam buah faktor yaitu: Publisitas & Pemasaran Langsung (X 1 ), Penjualan personal (X 2 ), Promosi (X 3 ), Media luar ruang (X 4 ), Periklanan (X 5 ), Keunggulan Flexi (X 6 ). Hasil korelasi antara Publisitas & Pemasaran Langsung (X 1 ), Penjualan personal (X 2 ), Promosi (X 3 ), Media Luar ruang (X 4 ), Periklanan (X 5 ), Keunggulan Flexi (X 6 ) secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel keputusan pembelian (Y), dengan nilai F = 11,828 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05) Variabel bebas yang paling dominan pengaruhnya terhadap Keputusan pembelian adalah Penjualan personal (X 2 ) karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung paling besar yaitu sebesar 4,791. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah program bauran promosi yang diterapkan oleh PT. Telkom sudah memenuhi harapan, namun masih memerlukan banyak pembenahan. Ide-ide kreatif perlu lebih banyak dipikirkan untuk menambah ciri khas dalam melakukan program-program dalam bauran promosi. Hal ini perlu dilakukan dalam setiap elemen yang digunakan tidak tertutup kemungkinan juga pada elemen penjualan personal yang memiliki pengaruh yang paling besar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/320/050902582 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2009 12:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 23:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114180 |
Preview |
Text
050902582.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |