Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Tidak Dilaksanakannya Analisis Dampak Lalu Lintas Sebagai Syarat Pengusaha Mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (Studi Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang)

Editya, Fernanda Kharisma (2018) Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Tidak Dilaksanakannya Analisis Dampak Lalu Lintas Sebagai Syarat Pengusaha Mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (Studi Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan mengenai penerapan sanksi administratif terhadap tidak dilaksanakannya analisis dampak lalu lintas. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi bahwa banyak pembangunan yang semakin berkembang yang tidak disertai dengan pengurusan izin yang memadai. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menemukan penerapan sanksi administratif dan kendala serta upaya apa saja yang dilakukan oleh Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu Kota Malang terkait sanksi administratif tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis merumuskan rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana penerapan sanksi administratif terhadap tidak dilaksanakannya analisis dampak lalu lintas sebagai syarat bagi pengusaha mendapatkan izin mendirikan bangunan di Kota Malang?,2) Bagaimana kendala dalam penerapan sanksi administratif terhadap tidak dilaksanakannya analisis dampak lalu lintas sebagai syarat bagi pengusaha mendapatkan izin mendirikan bangunan di Kota Malang? dan 3) Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala dalam penerapan sanksi administratif terhadap tidak dilaksanakannya analisis dampak lalu lintas sebagai syarat bagi pengusaha mendapatkan izin mendirikan bangunan di Kota Malang? Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik memperoleh data menggunakan wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada yaitu : 1) penerapan sanksi administartif terhadap pengusaha yang tidak melaksanakan analisis dampak lalu lintas melalui teguran tertulis, pencabutan izin sementara dan pencabutan izin permanen 2)kendala dalam penerapan sanksi administrasi adalah kendala ekstern yaitu pengusaha telah memperoleh izin terlebih dahulu dan kendala intern yaitu kurangnya koordinasi antara Dinas v Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup. 3)Upaya yang dilakukan adalah peningkatan koordinasi dan pembaruan peraturan daerah mengenai analisis dampak lalu lintas. Kesimpulan dan saran yang diberikan penulis terhadap permasalahan diatas adalah penerapan sanksi administratif terhadap tidak dilaksanakannya analisis dampak lalu lintas yaitu memberikan teguran tertulis hingga pencabutan izin. Saran yang diberikan terhadap segala kendala tersebut adalah seharusnya peranan dinas perhubungan, kepolisian serta dinas lingkungan hidup harus lebih aktif untuk mendukung pelaksanaan analisis dampak lalu lintas yang dilakukan oleh pengusaha dan/atau pengembang.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/197/051804252
Uncontrolled Keywords: sanksi, administratif, analisis.
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.078 Secondary industries and services > 343.078 69 Secondary industries and services (Construction of buildings)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:03
Last Modified: 23 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11418
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item