Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Diukur Memakai Konsep Return On Investment (ROI) dan Economic Value Added (EVA) : studi pada Perusahaan Manufacture Food and Bevera

ArikFebrianto (2009) Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Diukur Memakai Konsep Return On Investment (ROI) dan Economic Value Added (EVA) : studi pada Perusahaan Manufacture Food and Bevera. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau assets suatu perusahaan oleh perusahaan lain dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambil alih atau yang diambil alih tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi serta mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi diukur memakai konsep return on investment (ROI) dan economic value added (EVA). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga perusahaan manufaktur food and beverages yang melakukan aktivitas akuisisi pada tahun 2001. Data dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan, Indonesian capital market directory , dan prospectus perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis paired samples t –test. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa secara umum, kinerja keuangan perusahaan sesudah akuisisi tidak mengalami perbaikan yang signifikan dibanding kinerja keuangan perusahaan sebelum akuisisi, hal ini diakibatkan oleh besarnya biaya modal yang dikeluarkan dan pertambahan aktiva yang tidak diikuti peningkatan laba dari proses akuisisi. Hasil lain dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja yang signifikan dalam kinerja keuangan perusahaan manufaktur food and beverages yang diukur memakai konsep ROI dan EVA antara periode sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini berarti bahwa strategi perusahaan melakukan akuisisi untuk meningkatkan nilai perusahaan belum tercapai. Saran yang dapat diberikan adalah agar investor , calon investor lebih cermat dalam mengambil keputusan investasi sebelum menanamkan modalnya pada perusahaan yang akan melakukan akuisisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/31/050900570
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2009 09:23
Last Modified: 04 Mar 2009 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114168
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item