Penerapan metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam pengadaan bahan baku guna meminimalkan biaya persediaan (Studi kasus pada PR. Hisap Sae Malang)

EstiMaharani (2009) Penerapan metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam pengadaan bahan baku guna meminimalkan biaya persediaan (Studi kasus pada PR. Hisap Sae Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penentuan jumlah persediaan bahan baku yang tepat merupakan usaha yang penting dalam pengadaan bahan baku. Perusahaan harus tahu kapan melakukan pemesanan dan jumlah bahan baku yang harus dipesan, jumlah pembelian bahan baku yang paling ekonomis serta penentuan waktu kapan dilakukan pemesanan kembali. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan EOQ yang merupakan suatu model persediaan yang membantu perusahaan dalam menentukan keputusan menyangkut jumlah pemesanan yang tepat sehingga dapat meminimalkan biaya persediaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Analisis yang dilakukan adalah pada kebijakan pembelian bahan baku perusahaan, pelaksanaan pengendalian bahan baku oleh perusahaan, penerapan metode EOQ serta perbandingan hasil sebelum dan sesudah penerapan EOQ. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam melaksanakan pengendalian bahan bakunya, perusahaan belum menerapkannya secara efektif. Banyak terjadi pemborosan biaya-biaya yang nantinya akan berdampak pada biaya produksi. Biaya-biaya ini meliputi biaya pemesanan dan penyimpanan bahan baku. Hal ini dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan metode EOQ yaitu jumlah pesanan yang paling ekonomis. Saran yang dapat diberikan adalah agar perusahaan menerapkan metode EOQ dalam pengadaan bahan bakunya agar biaya persediaan dapat ditekan seminimal mungkin sehingga laba perusahaan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/302/050902442
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Aug 2009 11:25
Last Modified: 19 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114160
[thumbnail of 050902442.pdf]
Preview
Text
050902442.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item