Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Return on Investment (ROI) (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2008).

RatnaSariDewi (2009) Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Return on Investment (ROI) (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan investasi merupakan keputusan terpenting dalam suatu perusahaan. Dalam mengambil keputusan investasi, manajemen keuangan menggunakan analisis untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan yaitu dengan menggunakan analisis profitabilitas. Salah satu analisis untuk mengukur profitabilitas yang berhubungan dengan investasi adalah Return on Investment (ROI). ROI merupakan pengukuran kemampuan perusahaan secara keseluruhan dalam menghasilkan keuntungan dengan jumlah aktiva yang tersedia di dalam perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan Inventory Turnover (ITO), Account Receivable Turnover (ARTO), Total Assets Turnover (TATO) dan Debt Ratio (DR) terhadap Return on Investment (ROI) dan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Return on Investment (ROI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas, yaitu Inventory Turnover (ITO), Account Receivable Turnover (ARTO), Total Assets Turnover (TATO), Debt Ratio (DR) dan satu variabel terikat, yaitu Return on Investment (ROI). Populasi penelitian adalah perusahaan food and beverages yang listed di BEI periode 2005-2008 dengan teknik purposive sampling . Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan bantuan analisis statistik SPSS 13.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa semua variabel bebas secara simultan bepengaruh terhadap ROI. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis, diperoleh F hitung sebesar 2,805 nilai sedangkan F tabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 2,679. Dan secara parsial parsial variabel-variabel Inventory Turnover (ITO), Account Receivable Turnover (ARTO), Debt Ratio (DR) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return on Investment (ROI) dengan nilai t hitung berturut-turut adalah –1,248, –0,427 dan –0,368. Sedangkan Total Assets Turnover (TATO) memiliki pengaruh yang positif terhadap Return on Investment (ROI) dengan nilai t hitung sebesar 1,901. Total Assets Turnover (TATO) juga merupakan variabel dominan yang mempengaruhi Return on Investment (ROI).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/300/050902440
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Aug 2009 08:51
Last Modified: 19 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114158
[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5.pdf]
Preview
Text
5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item