Penyusunan Budget Kas Untuk Menjaga Tingkat Likuiditas Perusahaan : studi kasus pada KUD Tani Makmur, Lumajang

DimasAdiPermana, (2009) Penyusunan Budget Kas Untuk Menjaga Tingkat Likuiditas Perusahaan : studi kasus pada KUD Tani Makmur, Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerjasama sebagai organisasi karakter sosial harus mengoperasikan aktivitas mereka dengan keseimbangan, tidak hanya bekerja dengan cara sosial, tetapi juga bekerja dengan profesionalisme untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Upaya untuk mendapatkan laba dalam bisnis bukanlah cara mudah seperti yang terlihat, banyak masalah antara itu, baik internal maupun eksternal, salah satu contoh untuk masalah internal adalah biaya dan pencairan yang keluar dari pertandingan dengan nilai yang telah dianggarkan sebelumnya, kurangnya uang tunai yang memadai untuk Melakukan kegiatan operasional perusahaan, dan kadang-kadang ada jumlah uang tunai yang terlalu berlimpah dan penggunaannya mengungkapkan jumlah pencairan yang sebenarnya tidak terlalu disyaratkan oleh perusahaan. Pengaturan anggaran tunai adalah hal yang efektif dalam perencanaan dan kontrol arus kas, menilai kebutuhan uang tunai dan menerapkan uang tunai secara efektif (memelihara tingkat likuiditasnya), dengan menyusun anggaran tunai yang dapat diperkirakan manajer akan membuat surplus atau defisitnya. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis melakukan penelitian di KUD Tani Makmur, Lumajang dengan mengambil judul: Mengatur anggaran tunai untuk memelihara tingkat likuiditas perusahaan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar anggaran tunai optimal pada 2008 untuk mempertahankan tingkat likuiditas KUD Tani Makmur, Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, metode yang menjelaskan dan mengklarifikasi objek penelitian secara sistematis untuk mendapatkan hasil nyata dan akurat dari kinerja keuangan KUD Tani Makmur. Alasan mengapa penulis menggunakan metode ini karena penelitian ini akan memberikan latar belakang, karakter, dan perilaku tertentu perusahaan yang selanjutnya akan menjadi perilaku umum. Variabel pada penelitian ini adalah variabel likuiditas, variabel aktivitas, variabel leverage dan variabel profitabilitas. Kinerja manajemen kerjasama terlihat pada laporan keuangan mereka, baik dalam neraca, laporan laba rugi atau dalam laporan keuangan lainnya. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada laporan keuangan 2005-2007, cari tahu bahwa KUD Tani Makmur sudah dalam keadaan keuangan yang baik, tetapi untuk tahun depan ada pengembangan dinamis pada ekonomi Indonesia di setiap sektor, termasuk sektor riil. Karena itu kerjasama perlu mengatur anggaran tunai mereka untuk mempersiapkan diri mereka di masa depan, menjaga likuiditasnya, pasokan kas dan tentu saja profitabilitas mereka, pada akhirnya perusahaan yang memiliki pertumbuhan laba yang konstan dapat memperoleh keuntungan di setiap sektor.

English Abstract

Cooperation as social character organization have to operate their activity with balance, not only work with social manner, but also working with professionalism to produce desired outcome. Effort to obtain profit in business is not easy way as it look, many problem between it, both internal and external, one of example for internal problem is cost and disbursement that out of match with value that had budgeted before, lack of adequate cash to perform company’s operational activity, and sometimes there is cash amounts which too abundant and its use express number of disbursement that actually not too required by company. Cash budget arranging is effective thing in planning and controls cash flow, appraises requirement of cash and applies excess of cash effectively ( maintain the level of its liquidity), by compiling cash budget the manager can estimated will company make surplus or deficit in its cash. Based on background above, writer perform a research at KUD Tani Makmur, lumajang by taking headline : Cash Budget Arranging to Maintain Company’s Liquidity Level. Main purpose of this research is to figure out how much optimum cash budget on 2008 to maintain liquidity level of KUD Tani Makmur, Lumajang. This research using descriptive method, the method that explain and clarifies research object systematically to obtain real and accurate result of KUD Tani Makmur financial performance. The reason why writer using this method because this research will give company’s particular background, character and behavior that further its will be general behavior. Variables on this research is liquidity variable, activity variable, leverage variable and profitability variable. Cooperation management performance is visible on their financial report, whether in balance sheets, income statement or in other financial report. Based on data analysis that perform on 2005-2007 financial report, find out that KUD Tani Makmur already in good financial state, but for next year there are dynamic development on the Indonesian economics at any sectors, including real sector. Because of that cooperation need to arrange their cash budget to prepare theirself in the future, maintain its liquidity, cash supply and of course their profitability, in the end the company that have constant growth of profit can gain advantage at any sectors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/30/050900569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2009 09:18
Last Modified: 19 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114157
[thumbnail of 050900569.pdf]
Preview
Text
050900569.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item