DemasStiawanIswahyudi (2009) Evaluasi Atas Pengendalian Intern Dalam Prosedur Penarikan Pungutan Bea Masuk Terhadap Pengiriman Barang Impor yang Dikirim Melalui Pos (Studi Kasus pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang nomor 10 tahun 1995 dan Undang-Undang nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang dituntut untuk dapat menyaring dan meneliti barang–barang yang berasal dari berbagai negara ataupun yang akan mengirimkan barang ke Indonesia. Sasaran utama pada Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai adalah melaksanakan sebagian tugas pokok Departemen Keuangan di bidang Kepabeanan dan tugas berdasarkan kebijaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean dan pemungutan Bea Masuk cukai serta pemungutan lainnya berdasarkan peraturan perundang–undangan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian intern dalam prosedur penarikan pungutan Bea Masuk terhadap pengiriman barang impor yang dikirim melalui POS dan untuk mengetahui pengendalian intern yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang telah sesuai dengan tujuan dari pengendalian intern tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, pedoman dokumentasi, dan pedoman observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis data non statistik dengan metode analisis kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian intern atas penarikan pungutan Bea Masuk terhadap pengiriman barang impor melalui kantor pos yang dilaksanakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang masih terdapat beberapa kelemahan dan masih banyaknya beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa pihak sehingga mengakibatkan pendapatan dari sektor bea masuk terhadap pengiriman barang impor melalui kantor pos menurun. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang yang bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) lebih meningkatakan pengendalian intern atas sistem dan prosedur penarikan pungutan bea masuk terhadap pengiriman barang impor yang dikirim melalui pos. Serta diberlakukannya sanksi tegas bagi beberapa pihak yang kedapatan atau diketahui te;ah melakukan tindakan pelanggaran, baik itu pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang maupun pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Pusat Malang 65100.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/296/050902436 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Aug 2009 10:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114152 |
Preview |
Text
050902436.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |