Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilihan Kepala Desa Periode 2008-2013 (Studi pada masyarakat desa sumberbrantas, kecamatan bumiaji, Kota batu)

WahyuliAsih (2009) Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilihan Kepala Desa Periode 2008-2013 (Studi pada masyarakat desa sumberbrantas, kecamatan bumiaji, Kota batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partisipasi Politik Masyarakat merupakan faktor penting dalam sebuah negara demokrasi. Negara Indonesia merupakan suatu negara demokrasi dimana demokrasi yang dianut dan dikemabngkan adalah demokrasi pancasila pula, yang mana sistem pilitik ini menuntut adanya partisipasi politik masyarakat. Salah satu sarana Partisipasi Politik adalah melalui pemilihan umum. Amandemen Undangundang Dasar 1945 perubahan besar pada supra-struktur politik ketenegaraan Indonesia yakni perubahan ketentuan pemilihan presiden dan wakil presiden dari sistem perwakilan menjadi pemilihan secara langsung. Bagi perkembangan politik lokal, perubahan juga merupakan peluang untuk mendorong pemilihan penguasa lokal tak terkecuali pemilihan ditingkat paling rendah pemilihan kepala desa yang dilakukan secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui dan menganalisa bentuk dan sifat Partisipasi Politik masyarakat desa dalam pemilihan kepala desa di Desa Sumberbrantas periode 2008-2013; 2).Untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi Partisipasi Politik masyarakat desa dalam pemilihan kepala desa di Desa Sumberbrantas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan sifat Partisipasi Politik masyarakat Desa Sumberbrantas dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa dan faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi Partisipasi Politik masyarakat desa dalam pemilihan kepala desa di Desa Sumberbrantas. Fokus peneliatian pertama bentuk dan sifat partisipasi politik masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan meggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran tentang fenomena-fenomena yang terjadi, menganalisa serta membuat suatu masalah yang dipecahkan. Loksai penelitian di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat partisipasi politik masyarakat Desa Sumberbrantas tergolong tinggi baik dalam bentuk kampanye, pemungutan suara ataupun perhitungan suara masyarakat lebih bersifat otonom atas kesadaran sendiri dan tidak ada yang dimobilisasi (paksaan orang lain). Ini karena Desa Sumberbrantas merupakan Desa yang baru didirikan tahun 2006 berpisah dari Desa Tulung Rejo dan pelaksanaan Pilkades baru pertama kali ini dilaksanakan. Saran yang direkomendasikan yaitu: 1). Jika Pilkades mengarah pada persaingan yang tidak sehat, maka untuk mengantisipasi pemerintah desa membentuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) dengan memberikan pemahaman demokrasi yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/277/050902301
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2009 10:45
Last Modified: 19 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114132
[thumbnail of 050902301.pdf]
Preview
Text
050902301.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item