Penerapan Viral Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness : Sebuah Kajian Merek Unilever pada Mahasiswa Angkatan 2006/2007 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Administrasi Bisnis Universit

KarniaNurAulia (2009) Penerapan Viral Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness : Sebuah Kajian Merek Unilever pada Mahasiswa Angkatan 2006/2007 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Administrasi Bisnis Universit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya iklan yang beredar, membuat konsumen semakin bingung dalam menentukan pilihannya. Perkembangan teknologi telah mengaburkan batasbatas, baik waktu maupun geografis. Hal ini memicu perkembangan internet yang begitu fenomenal sehingga pada saat seperti ini perusahaan memerlukan cara yang jitu untuk memenangkan kesadaran konsumen. Adanya unsur jaringan pertemanan membantu konsumen dalam menentukan produk dari beragam pilihan. Sehingga hadirlah viral marketing yang menyajikan cara unik yaitu konsep word of mouth melalui media internet yang pastinya akan mampu menarik serta meningkatkan brand awareness konsumen karena adanya unsur rekomendasi yang diteruskan dari konsumen yang satu pada konsumen yang lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory, yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesa. Efektifitas viral marketing dianalisis dengan konsep brand awareness . Sampel penelitian sebanyak 84 orang responden yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Tahun Ajaran 2006/2007. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Chi Square dengan SPSS 15.0 for windows sebagai software pendukung. Data yang diperoleh diukur menggunkan metode Chi Square dan Koefisien Kontingensi sehingga dapat diinterpretasikan dan disimpulkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa viral marketing yang diterapkan oleh unilever masih kurang efektif. Dari hasil uji diketahui hubungan variabel rekomendasi dengan brand awareness adalah rendah (C=0,381), variabel newsletter dengan brand awareness mempunyai hubungan yang tidak signifikan dengan tingkat hubungan rendah (C=0,272), hubungan variabel komunitas dengan brand awareness adalah rendah (C=0,337), hubungan variabel free offer dengan brand awareness adalah sedang (C=0,418), hubungan variabel reference list dengan brand awareness adalah rendah (C=0,328), hubungan variabel linking strategies dengan brand awareness adalah rendah (C=0,326), dan hubungan variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/263/050902253
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Aug 2009 15:03
Last Modified: 19 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114118
[thumbnail of 050902253.pdf]
Preview
Text
050902253.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item