Pengaruh ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA terhadap Nilai CAR Suatu Bank (Studi pada Bank yang Terdapat di Indonesia Kurun Waktu Tahun 2004-2006)

Christinaliya (2009) Pengaruh ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA terhadap Nilai CAR Suatu Bank (Studi pada Bank yang Terdapat di Indonesia Kurun Waktu Tahun 2004-2006). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permodalan adalah faktor yang sangat esensial dalam pondasi keuangan suatu perusahaan tidak terkecuali bank dibuktikan pada masa krisis di mana banyak bank yang masuk dalam kategori dilikuidasi, beku operasi, ataupun ditake-over karena nilai CAR yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan teori yang mengemukakan bahwa nilai CAR dipengaruhi oleh kemampuan bank dalam memperoleh pendapatan dan komposisi pengalokasian dana sesuai dengan tingkat resikonya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah rasio profitabilitas, kualitas aktiva, dan likuiditas dalam analisis CAMELS yang terdiri dari ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA berpengaruh terhadap nilai CAR suatu bank. Berdasarkan teori capital budgeting yang diterapkan banyak perusahaan, kemampuan menghasilkan laba dari tingkat perputaran aktiva sangat berpengaruh pada permodalan, maka masalah kedua yang dibahas adalah pembuktian bahwa ROA paling berpengaruh pada nilai CAR untuk perusahaan jasa seperti bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan maupun parsial dari variabel bebas yaitu ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA terhadap CAR. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk menguji dugaan penulis bahwa ROA adalah rasio yang paling signifikan pengaruhnya terhadap CAR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif di mana analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda ini menggunakan uji asumsi klasik sebagai syarat dari uji parametrik, uji F untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan antara variabel bebas dan variabel terikat serta uji t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara parsial antara variabel bebas dengan variabel terikat. Analisis regresi dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan program pengolahan statistik SPSS 14. Hasil analisis regresi linier memberikan model persamaan regresi Y = -1,231 + 2,516X1 + 1,029X2 + 0,829X3 + 0,121X4 + 0,514X5 -0,211X6 + e. Uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 8,430 dan prababilitas sebesar 0,000 dengan nilai adjusted R square . Sedangkan uji t menunjukkan nilai t hitung dan probabilitas masing-masing ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA sebesar 1,074 dan 0,286, 3,012 dan 0,004, 0,626 dan 0,533, 2,248 dan 0,028, 4,320 dan 0,000, serta -1,053 dan 0,296. Variabel yang mempunyai nilai beta terbesar adalah BOPO dengan nilai 0,562. Keenam variabel bebas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap CAR sehingga model regresi yang diperoleh dapat diterima. ROA, BOPO, BDR, KAP, LDR, dan NCM to CA memberikan kontribusi pada nilai CAR sebesar 36,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/259/050902249
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Aug 2009 10:59
Last Modified: 19 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114114
[thumbnail of 050902249.pdf]
Preview
Text
050902249.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item