Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Modal : studi Pada Perusahaan-Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007

AgathaSituru`Sampebulu`, (2009) Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Modal : studi Pada Perusahaan-Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Struktur modal merupakan masalah yang penting bagi setiap perusahaan karena baik buruknya struktur modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi keuangan yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan. Kesalahan dalam menentukan struktur modal akan mempunyai dampak yang luas. Struktur modal merupakan perimbangan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel struktur aktiva (X1), profitabilitas/ ROI (X2) dan pertumbuhan penjualan (X3) terhadap struktur modal (Y) dan mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory (penjelasan) dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2007, sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling, yang kemudian dari kriteria-kriteria yang ditetapkan terpilih 10 perusahaan sebagai sampel. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) yang tersedia di pojok BEI (IDX Corner), selain itu data juga diperoleh dengan mengakses langsung situs BEI dari internet, yaitu www.bei.co.id atau www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Regresi Linear Berganda dengan memperhatikan asumsi klasik agar diperoleh hasil yang BLUE (Best Linier Unbiased Estimation). Dalam menganalisis, digunakan program SPSS 13.00 for windows . Pengujian ini dilakukan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel bebas yang diteliti mempengaruhi struktur modal perusahaan-perusahaan makanan dan minuman dan secara parsial variabel struktur aktiva (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal sedangkan profitabilitas/ ROI (X2) dan pertumbuhan penjualan (X3) berpengaruh signifikan terhadap struktur modal (Y). Variabel pertumbuhan penjualan (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap struktur modal (Y). Struktur modal merupakan keputusan yang penting dalam suatu perusahaan untuk dapat meningkatkan nilainya, maka pihak manajemen harus mempertimbangkan dengan baik mengenai variabel-variabel yang mempengaruhinya diantaranya struktur aktiva (X1), profitabilitas/ ROI (X2) dan pertumbuhan penjualan (X3) agar perusahaan tidak mengalami resiko keuangan yang besar. Bagi para investor hendaknya mempertimbangkan struktur modal perusahaan dan tingkat pertumbuhan penjualan yang dapat diperoleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. sedangkan bagi peneliti selanjutnya hendaknya bisa melakukan penambahan terhadap variabel independen yang digunakan selain ketiga variabel di atas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/25/050900564
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 11:45
Last Modified: 19 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114106
[thumbnail of 050900564.pdf]
Preview
Text
050900564.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item