Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Property Yang Go Public di BEI Periode 2005-2007)

PutriMardikaWijayanti (2009) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Property Yang Go Public di BEI Periode 2005-2007). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan sebagai organisasi bisnis berorientasi pada laba. Laba dapat dicapai apabila perusahaan dapat melakukan efisiensi dan efektifitas dalam pendanaan dan pembiayaan kegiatan perusahaannya. Pemilihan sumber pendanaan yang tepat merupakan kunci dari keberhasilan perusahaan dalam menciptakan struktur modal optimal. Kesalahan dalam memilih sumber pendanaan akan berdampak pada keterpurukan suatu perusahaan. Struktur modal optimal adalah struktur modal yang menghasilkan EPS terbesar dengan menggunakan WACC yang seminimal mungkin. Pembentukan struktur modal yang optimal akan mampu memimgkatkan nilai perusahaan. Struktur modal adalah perimbangan utang jangka panjang dengan modal sendiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi struktur modal sehingga dapat membentuk struktur modal yang optimal guna meningkatkan nilai perusahaan. Faktor-faktor yang dijadikan variabel-variabel bebas yang diteliti yaitu struktur aktiva (X1), pertumbuhan penjualan (X2), ROA (X3) dan ukuran perusahaan (X4). Faktor-faktor tersebut yang diteliti diharapkan mampu menjawab sebuah dilema dalam permasalahan pendanaan yaitu tidak adanya rumus baku berapa sebaiknya utang jangka panjang yang digunakan untuk menghasilkan struktur modal optimal. Penggunaan utang jangka panjang yang terlalu tinggi akan menyebabkan beban perusahaan berupa bunga akan terlalu besar sehingga akan mengancam kehidupan perusahaan sebagai suatu organisasi bisnis. Sebaliknya kekurangan utang jangka panjang untuk pendanaan perusahaan akan menyebabkan perusahaan tidak mampu melakukan kegiatan operasioanalnya. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS for Windows ver 13.00 . Hasil penelitian regresi linier berganda menunjukkan bahwa keempat variabel bebas yang diteliti secara bersama berpengaruh signifikan sedangkan secara parsial dari keempat variabel tersebut yang berpengaruh signifikan adalah struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dam ROA. Variabel yang dominan dalam penelitian ini adalah ROA. Perusahaan property harus mempertimbangkan ketiga variabel yaitu struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan ROA yang secara parsial berpengaruh signifikan khususnya ROA yang berpengaruh dominan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/244/050902095
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 17:47
Last Modified: 19 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114100
[thumbnail of 050902095.pdf]
Preview
Text
050902095.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item