Pelaksanaan Program Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. (Studi pada desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang).

ArizMaulanaAzhar (2009) Pelaksanaan Program Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. (Studi pada desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan merupakan usaha untuk membentuk, membina, mengubah dan mengembangkan berbagai aspek kehidupan masyarakat baik material maupun spiritual guna mencapai cita-cita dan tujuan suatu bangsa. Pembangunan tersebut dilakukan oleh seluruh negara, baik negara yang masih terbelakang atau negara berkembang maupun negara yang sudah maju. Rendahnya tingkat ekonomi dan pendidikan menjadi kendala yang menyolok. Oleh karena itu pembangunan di negara-negara berkembang terutama menitik beratkan pada pembangunan ekonominya, yang kemudian baru dilanjutkan dengan pembangunan di berbagai bidang kehidupan masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Dalam melaksanakan pembangunan khususnya di desa, partisipasi masyarakat sangat diharapkan, karena tanpa adanya partisipasi dari masyarakat pembangunan akan berjalan pincang dan akan sulit untuk mencapai keberhasilan pembangunan sesuai dengan sasarannya. Untuk itu, salah satu strategi yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan terutama dalam pembangunan desa adalah dengan memberikan bantuan modal bagi pelaksanaan pembangunan tersebut, yang salah satunya berupa program Alokasi Dana Desa (ADD) yang merupakan perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah menegaskan bahwa keseluruhan belanja daerah diprioritaskan untuk melindungi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam upaya memenuhi kewajiban daerah. Dalam penelitian ini yang menjadi sorotan adalah evektivitas program alokasi dana desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Sehubungan dengan hal diatas maka dilakukan penelitian mengenai evektivitas program alokasi dana desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di desa-desa sumberpucung kecamatan sumberpucung kabupaten malang. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, sehingga nantinya didapatkan gambaran yang jelas mengenai fokus daripada penelitian ini adalah (1) Sosialisasi ADD, meliputi tingkat pengetahuan masyarakat tentang adanya ADD dan tingkat pengetahuan masyarakat tentang pertanggung-jawaban penggunaan ADD oleh pemerintah desa. (2) Penggunaan Alokasi Dana Desa. (3) Pelaksanaan Program Alokasi Dana Desa, dan (4) Bentuk Partisipasi Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi (a) Observasi. (b) Wawancara, dan (c) Dokumentasi pengumpulan data dan informasi. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil yang cukup memuaskan bagi peneliti. Tingkat pengetahuan masyarakat desa Sumberpucung tentang ADD cukup baik terbukti dari jumlah partisipasi masyarakat dalam jumlah hadir musyawarah (musrenbang), kehadiran kegiatan pemberdayaan dan lain-lain dan masyarakat desa sumberpucung menyerahkan tanggung jawab kepada pemerintah desa untuk mengelola ADD dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/236/050902014
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jul 2009 11:09
Last Modified: 19 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114092
[thumbnail of 050902014.pdf]
Preview
Text
050902014.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item