Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Pada Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat).

SavitriIndriaswari (2009) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Pada Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan yang terjadi akibat adanya pembangunan nasional menuntut pemerintah untuk memaksimalkan fungsinya dalam memberikan pelayanan. Keterbatasan peningkatan penyediaan barang dan jasa yang dialami Propinsi DKI Jakarta merupakan tantangan dan konsekuensi dari proses pembangunan tersebut. Sebagai kota jasa ( service city ) DKI Jakarta memerlukan suatu sistem pemerintahan yang lebih transparan, partisipatif, akuntabel sejalan dengan tuntutan masyarakat menuju kearah Good Governance melalui peningkatan pelayanan secara berkesinambungan. Selain itu tuntutan reformasi dan globalisasi mendorong pemerintah untuk kembali memahami arti pentingnya suatu kualitas pelayanan serta pentingnya dilakukan perbaikan kualitas pelayanan tersebut. Berdasarkan pernyataan diatas peneliti melakukan penelitian pada Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat yang memiliki peranan penting dalam membangun citra Jakarta sebagai kota jasa sesuai dengan tugas pokoknya yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat melaui pengurusan perizinan bangunan atau IMB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya apa saja yang dilakukan Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat dalam meningkatkan pelayanan publik menganalisis faktor penghambat dan pendukung upaya peningkatan pelayanan tersebut serta menganalisis tanggapan masyarakat sebagai pengguna jasa di Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan pengamatan dan pendeskripsian realita sungguhnya yang terjadi pada obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat melaui perbaikan prosedur pelayanan, perbaikan kualitas pegawai dan peningkatan sarana serta prasarana sudah cukup baik, hanya saja dalam hal pengurusan izin tersebut waktu yang dibutuhkan kadang tidak sesuai dengan prosedural yang sudah ada sehingga dalam pengurusan IMB di Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat masih dianggap berbelit-belit. Adapun faktor yang menghambat adalah kurangnya sumber daya manusia yang ada dianggap tidak sebanding dengan banyaknya permohonan izin yang masuk. Selain itu juga masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai ketentuan membangun di DKI Jakarta yang menyebabkan masih banyaknya masyarakat yang mengajukan permohonan izin dengan persyaratan yang kurang lengkap. Sedangkan faktor pendukungnya adalah diterapkan dan dikembangkannya sistem teknologi informasi yang dapat mengurangi pemborosan dan peningkatan efisiensi. Masyarakat sebagai pengguna jasa terhadap pelayanan yang dilakukan Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Pusat menyatakan sudah baik dalam hal pemberian layanan namun masih kurang baik dalam hal prosedural jangka waktu pengurusan izin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/224/050902002
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2009 10:32
Last Modified: 19 Oct 2021 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114079
[thumbnail of Skripsi-Bag.Awal.pdf]
Preview
Text
Skripsi-Bag.Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-ISI.pdf]
Preview
Text
Skripsi-ISI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item