Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Penelitian di RSAB. Muhammadiyah Wahid Hasyim Malang)

AristaAyuRosdhiani (2009) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Penelitian di RSAB. Muhammadiyah Wahid Hasyim Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan antara faktor-faktor internal terhadap kepuasan pasien serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial antara faktor-faktor internal terhadap kepuasan pasien di RSAB. Muhammadiyah Wahid Hasyim Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian hipotesa tersebut sebanyak 57 orang yang ditunjuk sebagai responden adalah pengguna progam pengguna jasa Program Kesehatan Ibu dan Anak di RSAB.Muhammadiyah di Jalan Wahid Hasyim 30 Malang. Validitas data dan reliabilitas data diuji untuk menunjang penelitian, selanjutnya item-item dari variabel bebas ( independent ) dan variabel terikat ( dependent ) yang tertuang dalam daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disebar kepada para responden, diuji keandalannya melalui progam SPSS 11,5 for windows . Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas menunjukkan seluruh koefisien korelasi melebihi nilai kritis. Hal ini menunjukkan bahwa data yang terkumpul cukup valid dan reliabel sehingga dapat digunakan dalam pengujian hipotesa. Hasil-hasil penelitian, pada hipotesis pertama setelah diadakan pengujian terhadap seluruh variabel bebas yang terdiri atas variabel Reliability (X1), Responviness (X2), Assurance (X3), Emphaty (X4), Tangibles (X5) secara bersamasama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien (Y) sebagai variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,925 dan tingkat signifikasi 0,000 artinya bahwa 85,6 % kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel X1, X2, X3, X4, X5 sedangkan sisanya sebesar 14,4 % dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan pada hipotesis kedua dengan ditolaknya Ho dapat disimpulkan bahwa variabel Reliability (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pasien (Y), dengan signifikasi 0,001 artinya bahwa peubah Reliability atau keandalan sangat dibutuhkan oleh RSAB. Muhammadiyah Wahid Hasyim Malang untuk pengembangan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/216/050901949
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2009 08:51
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114070
[thumbnail of 051105437.pdf]
Preview
Text
051105437.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item