LolitaMediaSari (2009) Analisis Bauran Promosi Dalam Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian dan Perilaku Pasca Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna SIM Card IM3). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pasca pembelian, pengaruh keputusan pembelian terhadap perilaku pasca pembelian, pengaruh bauran promosi terhadap perilaku pasca pembelian melalui keputusan pembelian, serta pengaruh peralihan merek ( brand switching ) terhadap pembelian ulang ( repeat purchasing ). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori ( explanatory research ). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2006/2007 dan 2007/2008 pengguna SIM Card IM3 dengan sampel sebanyak 102 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan teknik berdasarkan pertimbangan tertentu ( judgment sampling ). Teknik analisis data yang dipakai adalah menggunakan analisis jalur ( path analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian dengan F hitung sebesar 28,053 (p=0,000). Bauran promosi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pasca pembelian, baik pada variabel peralihan merek ( brand switching ) dengan F hitung sebesar 21,888 (p=0,000), maupun pada variabel pembelian ulang ( repeat purchasing ) dengan F hitung sebesar 11,865 (p=0,000). Keputusan pembelian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pasca pembelian, baik pada variabel peralihan merek ( brand switching ) dengan F hitung sebesar 42,660 (p=0,000), maupun pada variabel pembelian ulang ( repeat purchasing ) dengan F hitung sebesar 72,058 (p=0,000). Demikian pula terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap perilaku pasca pembelian melalui keputusan pembelian, baik pada variabel peralihan merek ( brand switching ) dengan F hitung sebesar 21,113 (p=0,000), maupun pada variabel pembelian ulang ( repeat purchasing ) dengan F hitung sebesar 23,956 (p=0,000). Peralihan merek ( brand switching ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian ulang ( repeat purchasing ) dengan F hitung sebesar 28,163 (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peralihan merek ( brand switching ) tetapi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pembelian ulang ( repeat purchasing ). Promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Oleh karena itu disarankan untuk perusahaan telekomunikasi untuk membuat iklan semenarik mungkin dengan menawarkan tarif promo (promosi penjualan) untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dan menciptakan loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/212/050901881 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 09:08 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114066 |
Preview |
Text
051105437.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |