Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lumajang).

VickeNataliaStevanie (2009) Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif dalam era globalisasi mengharuskan organisasi semakin memberi perhatian sumber daya manusianya yang merupakan aset utama bagi perusahaan. Sikap positif karyawan seperti yang dapat dilihat pada turnover karyawan, komitmen organisasi, keinginan untuk pindah kerja, juga hubungannya dengan ketekunan bekerja, ketidakhadiran, keterlambatan dan prestasi kerja merupakan hasil dari kepuasan kerja yang dirasakan karyawan terhadap segala sesuatu di lingkungan kerjanya, dan salah satu upaya dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan tersebut adalah dengan memberikan iklim organisasi yang menguntungkan. PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lumajang menyediakan layanan jasa antar untuk seluruh masyarakat kota Lumajang. Bagaimana iklim organisasi dengan kepuasan kerja yang ada dalam organisasi, seberapa besar pengaruh iklim organisasi yang terdiri dari variabel struktur, standar, tanggung jawab, penghargaan, dukungan dan komitmen terhadap kepuasan kerja karyawan, dan variabel iklim organisasi manakah yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan kerja karyawan, penting untuk diketahui oleh organisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory yang menyatakan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel iklim organisasi dengan variabel kepuasan kerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif Untuk mendapatkan data yang diperlukan disebarkan kuesioner kepada populasi dengan jumlah responden sebanyak 60 orang, juga melalui dokumentasi. Dengan kata lain ini adalah penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel yang secara signifikan mempengaruhinya adalah variabel struktur, penghargaan, dukungan, dan komitmen, sedangkan variabel standar dan tanggung jawab tidak signifikan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, hal ini dikarenakan karakteristik daripada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lumajang . Dari hasil penelitian ini dapat disarankan jika manajer ingin meningkatkan kepuasan kerja, maka manajer harus dapat menciptakan iklim yang menekankan pentingnya hubungan antar pribadi yang baik maupun saling memberi dukungan diantara para karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/203/050901872
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jul 2009 09:19
Last Modified: 19 Oct 2021 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114056
[thumbnail of 050901872.pdf]
Preview
Text
050901872.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item