Analisis Sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah Menggunakan Akad Murabahah Dalam Mendukung Pengendalian Intern (Studi kasus pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah, Cabang Malang).

AyudhiaAriani (2009) Analisis Sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah Menggunakan Akad Murabahah Dalam Mendukung Pengendalian Intern (Studi kasus pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah, Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan yang tinggi di dunia perbankan saat ini ditandai dengan semakin banyaknya produk-produk yang ditawarkan oleh bank untuk memenuhi kebutuhan customer, maka dari itu perusahaan perbankan berlomba untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu bentuk perkembangannya adalah munculnya Bank Syariah untuk memenuhi kebutuhan customer yang tidak menginginkan adanya bunga/riba dari bank konvensional. Bank BTN sudah dikenal di kalangan pebisnis perumahan. Salah satu produk BTN Syariah dalam melakukan pembiayaan dalam hal perumahan yaitu murabahah . Murabahah merupakan kegiatan jual beli pada harga pokok dengan tambahan keuntungan yang disepakati. Bank Syariah masih banyak mengandalkan sistem murabahah dikarenakan dibangun atas dasar prinsip jual beli dengan penempatan profit yang sudah jelas besarnya dimana besaran ini ditentukan pada awal perjanjian, sehingga produk murabahah proporsinya paling mendominasi didalam bank syariah dibandingkan dengan produk lainnya. Tetapi adanya suatu permasalahan pada BTN Syariah Cabang Malang yaitu dalam 3 bulan terakhir ini NPL mengalami peningkatan sehingga dapat memperburuk kesehatan bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah BTN Syariah menggunakan akad murabahah dalam mendukung pengendalian intern. Fokus penelitian ini adalah sistem dan Prosedur Pembiayaan Kepemilikan Rumah BTN Syariah dengan akad murabahah dalam mendukung pengendalian intern perusahaan dan kendala-kendala yang terjadi dalam sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah BTN Syariah dengan menggunakan akad murabahah dalam mendukung pengendalian intern perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian ini, peneliti mengetahui sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah menggunakan akad murabahah pada BTN Syariah Cabang Malang telah sesuai dengan pengendalian intern yang baik dalam proses pembiayaan kepemilikan rumah, hal ini dapat dilihat dari personil yang kompeten, pemisahan tanggung jawab yang jelas, prosedur dan otorisasi yang dilakukan oleh pejabat bank tersebut, kontrol fisik aktiva dan catatan. Namun dalam penerapan sistem tersebut masih terdapat beberapa kelemahan-kelemahan diantaranya BTN Syariah Cabang Malang belum adanya Internal Audit Independent untuk memantau proses dan aktivitas bank serta belum adanya perputaran jabatan (job rotation) antar seksi pada karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sudah berjalan dengan baiknya pengendalian intern dalam sistem Pembiayaan Kepemilikan Rumah pada BTN Syariah Cabang Malang. Namun sebaiknya agar dapat terlaksananya pengendalian intern yang baik diperlukan adanya Internal Audit Independent untuk memantau dan mengawasi proses dan aktivitas bank yang berkaitan dengan pembiayaan dan operasional agar pengendalian intern perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/200/050901869
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jul 2009 10:20
Last Modified: 19 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114053
[thumbnail of 050901869.pdf]
Preview
Text
050901869.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item