Evaluasi Manajemen Risiko Sebagai Strategi Untuk Mengurangi Risiko Kredit (Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang).

AfriandiFirdiansah (2009) Evaluasi Manajemen Risiko Sebagai Strategi Untuk Mengurangi Risiko Kredit (Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek penerapan manajemen riiko untuk risiko kredit PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang. Desain penelitian yang digunakan berupa studi pada dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara obyektif dan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat dari obyek yang diteliti tanpa menggunakan alat analisis statistik. Dalam usaha untuk mengurangi segala jenis risiko yang mungkin timbul dari kegiatan usahanya, terutama risiko kredit yang timbul dari kegiatan perkreditan. PT. Bank Tabungan negara (Persero) Cabang Malang, berusaha menerapkan manajemen risiko yang telah diatur oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Pusat sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 5/21/DPNP tanggal 29 September 2003 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum. Manajemen risiko merupakan serangkaian prosedur dan metodologi yang disgunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau dan mengendalikan risiko yang timbul dari kegiatan usaha bank. Sedangkan risiko kredit adalah risiko kerugian yang diderita oleh bank, terkait dengan kemungkinan bahwa pada saat jatuh tempo, counterparty -nya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya pada bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang telah menerapkan manajemen risiko sesuai dengan yang telah pdiatur oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Pusat dan sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 5/21/DPNP tanggal 29 September 2003 tentang Perihal Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum sejak pertengahan semester kedua tahun 2004.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/198/050901867
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jul 2009 10:43
Last Modified: 19 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114049
[thumbnail of 050901867.pdf]
Preview
Text
050901867.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item