Analisis Diversifikasi Produk Terhadap Penjualan Produk Asuransi (Studi pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Malang)”

SilviPuspitaSari (2009) Analisis Diversifikasi Produk Terhadap Penjualan Produk Asuransi (Studi pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan diversifikasi produk yang dilakukan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Malang, mengetahui perbedaan volume penjualan polis asuransi pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Malang sebelum dan sesudah diversifikasi produk,dan mengetahui pengaruh diversifikasi produk terhadap penjualan polis asuransi pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Kantor Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana peneliti akan berusaha menggambarkan, melukiskan dan memaparkan obyek yang diteliti berdasarkan keadaan secara apa adanya dengan melakukan perhitungan dan menarik suatu kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis tingkat pertumbuhan, uji t dua sampel independen, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Perhitungan menggunakan uji beda dua sampel, hasil perhitungan t-value atau thitung yang diperoleh merupakan perbandinan antara volume penjualan sebelum dan setelah dilakukannya diversifikasi produk. Hasil dari penelitian adalah hasil dari analisis t test adalah t hitung 13,048 dengan signifikansi 0,000 dan asumsi kesalahan α 5% atau 0,05. Hasil analisis t test menunjukkan sig a sebesar 0,000 sehingga dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara penjualan sebelum diversifikasi produk dengan penjualan sesudah diversifikasi produk di PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang. Terdapat perbedaan antara volume penjualan sebelum dan sesudah diversifikasi produk karena banyaknya pilihan produk yang ditawarkan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang Hal ini dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan kebutuhan asuransi. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 110,069 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari α 0.05, sehingga hipotesis II diterima. Artinya bahwa varibel macam produk berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan premi. Perpengaruhya variabel macam produk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, karena variabel tersebut merupakan produk-produk jasa asuransi yang dijalankan perusahaan. Besarnya pengaruh variavel macam produk terhadap penjualan adalah sebesar 0,609 Artinya variabel macam produk mempengaruhi penjualan sebesar 60,9% dan sisanya sebesar 39,1% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini. Hasil nilai t hitung untuk variabel macam produk sebesar 10.491 dengan signifikansi α sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian variabel macam produk berpengaruh secara parsial terhadap penjualan premi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/197/050901783
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2009 08:30
Last Modified: 19 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114048
[thumbnail of 050901783.pdf]
Preview
Text
050901783.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item