Peranan Analisis Break Even Point Sebagai Alat Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Dan Perencanaan Laba (Studi Kasus Pada PT. Pabrik Es Wira Jatim Group Unit Es Kasri Pandaan)

NurulPujiRahayu (2009) Peranan Analisis Break Even Point Sebagai Alat Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Dan Perencanaan Laba (Studi Kasus Pada PT. Pabrik Es Wira Jatim Group Unit Es Kasri Pandaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan analisis break even point sebagai alat untuk menentukan tingkat penjualan dan perencanaan laba pada PT. Pabrik Es Wira Jatim Group Unit Es Kasri Pandaan secara efektif dan efisien sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari analisis break even point ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisa data dan interpretasi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : (1) pengelompokkan biaya tetap dan biaya variabel serta pemisahan biaya semivariabel, (2) perhitungan tingkat break even point, (3) perhitungan tingkat penjualan dan perencanaan laba, (4) perhitungan margin of safety untuk menentukan tingkat penjualan minimal agar perusahaan tidak menderita kerugian. Berdasarkan hasil analisa data dan interpretasi yang dilakukan pada PT. Pabrik Es Wira Jatim Group Unit Es Kasri Pandaan, diketahui bahwa Analisis Break Even Point ini berperan secara efektif sebagai alat untuk menentukan tingkat penjualan dan perencanaan laba pada periode yang akan datang sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari titik impas ini. Analisis break even point ini juga berperan aktif dalam membantu manajemen perusahaan dalam menentukan tingkat penjualan minimum yang harus dicapai agar perusahaan tidakmengalami kerugian dan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan-kebijakan perusahaan yang akan ditentukan pada periode yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/189/050901775
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jun 2009 09:49
Last Modified: 19 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114039
[thumbnail of 050901775.pdf]
Preview
Text
050901775.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item