Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian (survai Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2008/2009).

AdityaFerryS (2009) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian (survai Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2008/2009). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin maju dan pesat, ini menyebabkan persaingan di dunis bisnis semakin ketat termasuk dalam persaingan yang terjadi dalm dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Perlu adanya strategi pemasaran yang efektif untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satu strategi pemasaran yang cukup berpengaruh terhadap perilaku konsumen adalah promosi. Pelaksanaan bauran promosi yang diarahkan dan dikendalikan tepat ke sasaran diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (keputusan pembelian dioperasionalkan sebagai keputusan mahasiswa baru memilih studi di perguruan tinggi). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi, baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengkaji pengaruh bauran promosi (yang terdiri dari promosi penjualan (X1), periklanan (X2), penjualan pribadi (X3), publisitas (X4) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya Malang dengan sampel sebanyak 99 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, penjualan pribadi, dan publisitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung = 8,423 dan nilai signifikan sebesar 0,05. Dalam analisis regresi parsial, variabel promosi penjualan (X1), periklanan (X2), penjualan pribadi (X3), publisitas (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan mahasiswa tahun angkatan 2008/2009 memilih studi di Universitas Brawijaya Malang. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa tahun angkatan 2008/2009 memilih studi di Universitas Brawijaya adalah variabel periklanan (X2), dengan nilai beta 0,235 dan t hitung sebesar 2,298 dengan probabilitas sebesar 0,000. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa tahun angkatan 2008/2009 memilih studi di Universitas Brawijaya adalah variabel periklanan (X2). Oleh karena itu disarankan agar pihak Universitas Brawijaya dapat mempertahankan serta meningkatkan periklanan, karena variabel periklanan mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian dalam melakukan pembelian terhadap produk jasa Universitas Brawijaya Malang dan hendaknya pihak Universitas Brawijaya Malang dapat lebih meningkatkan promosi penjualannya, karena promosi penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/187/050901773
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jun 2009 11:01
Last Modified: 19 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114037
[thumbnail of 050901773.pdf]
Preview
Text
050901773.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item