Peran Pemerintah dalam Menunjang Peningkatan Investasi Daerah (Studi Pada Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Probolinggo)

DenyOctavia (2009) Peran Pemerintah dalam Menunjang Peningkatan Investasi Daerah (Studi Pada Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembentukan modal merupakan faktor penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan ekonomi daerah, namun tidak mudah untuk dapat membentuk sejumlah modal yang cukup bagi pembangunan ekonomi daerah tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pinjaman modal atau dukungan dari investor. Untuk dapat menarik minat investor agar menanamkan modal di daerah diperlukan suatu iklim usaha dan investasi yang kondusif, serta sangat diperlukan adanya peran aktif Pemerintah Daerah yang mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi daerah untuk berupaya meningkatkan investasi di daerah. Dilakukannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji peran-peran yang dapat dilaksanakan pemerintah, khususnya Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Kota Probolinggo dalam menanggapi fenomena-fenomena yang terjadi berkaitan dengan masalah investasi, sehingga dilakukan tindakan-tindakan yang dapat mendorong peningkatan investasi di daerah dengan memperhatikan potensi daerah yang ada, peran pemerintah dalam meningkatkan investasi daerah, serta faktor yang menjadi penghambat dan pendukung investasi yang terjadi di daerah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan menjelaskan keadaan investasi di Kota Probolinggo berdasarkan data-data yang diperoleh. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Potensi Investasi yang terdapat di Kota Probolinggo, Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Investasi Daerah, serta Faktor yang menjadi Penghambat dan Pendukung Investasi yang terjadi di Kota Probolinggo. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, serta observasi. Tahap analisa yang dilakukan dimulai dari proses pemilihan datadata yang diperlukan, kemudian data disusun dan disajikan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kota Probolinggo merupakan suatu daerah yang mempunyai potensi yang tinggi, yaitu meliputi potensi industri, perdagangan, perikanan, pelabuhan, dan perkebunan. Peran Pemerintah Kota Probolinggo dalam meningkatkan investasi di daerah antara lain sebagai koordinator, stimulator, entrepreneur, dan fasilitator. Faktor penghambat yang terdapat di Kota Probolinggo sendiri adalah belum adanya keterkaitan antar instansi dan faktor keamanan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah letak Kota Probolinggo yang strategis dan potensi investasi yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. Berbagai upaya sesuai dengan perannya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo secara optimal yang terus diupayakan peningkatan kuantitas dan kualitasnya, juga melalui penetapan kebijakan pemberian insentif yang mendukung investasi di Kota Probolinggo. Bagian Perekonomian dan Penanaman Modal Kota Probolinggo telah menunjukkan kinerjanya yang sangat baik dalam peran meningkatkan investasi di Kota Probolinggo. Saran yang direkomendasikan adalah agar Pemerintah Daerah Kota Probolinggo untuk lebih aktif dan kreatif lagi dalam melakukan promosi akan potensi daerah yang dimiliki .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/186/050901748
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jun 2009 10:09
Last Modified: 19 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114036
[thumbnail of 050901748.pdf]
Preview
Text
050901748.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item