Sistem Informasi Pengadaan dan penggunaan Barang (Studi Tentang Pengadaan dan Penggunaan Alat Kesehatan di RSU.Dr. Saiful Anwar Malang)

FannyAyuningtyas (2009) Sistem Informasi Pengadaan dan penggunaan Barang (Studi Tentang Pengadaan dan Penggunaan Alat Kesehatan di RSU.Dr. Saiful Anwar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem informasi merupakan sekumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk membentuk satu kesatuan yang menggabungkan data, memproses, menyimpan, mendistribusikannya, sehingga dapat digunakan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan dan mengendalikannya. Sistem informasi dapat dibentuk sesuai kebutuhan organisasi masing-masing. Oleh karena itu, untuk dapat menerapkan implementasi sistem informasi pengadaan dan penggunaan barang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 80 tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah dan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2007 Tentang Perubahan ketujuh atas Keputusan Presiden Nomor 80 tahun 2003 diperlukan perencanaan, pelaksanaan, pengaturan, dan evaluasi sesuai keinginan dan nilai masing-masing organisasi. Sistem informasi di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar-Malang secara umum bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada pasien dengan maksimal. Administrasi pasien, rekam medik, pelayanan pasien, kartu askes dan masyarakat miskin pengadaan dan penggunaan alat kesehatan merupakan bagian dari sistem informasi Di RSU. Dr. Saiful Anwar Malang. Adapun penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi pengadaan dan penggunaan alat kesehatan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 80 tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah dan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2007 Tentang Perubahan ketujuh atas Keputusan Presiden Nomor 80 tahun 2003 yang dimiliki oleh RS Umum Dr. Saiful Anwar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Oleh karena itu dalam penelitian ini disamping pengamatan langsung atas sistem informasi pada pengadaan dan penggunaan barang, dan juga identifikasi masalah. Intinya penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif merupakan analisis data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat atau laporan untuk menghasilkan suatu kesimpulan dengan melakukan pendekatan baik secara teori maupun pemikiran yang logis. Hasil diperoleh dalam penelitian ini adalah implementasi sistem informasi pengadaan dan penggunaan alat kesehatan dapat dilihat melalui prosedur sebagai berikut, diantaranya: pada dasarnya RSU. Dr. Saiful Anwar Malang sistem informasi proses pengadaan dan penggunaan alat kesehatan sudah menggunakan komputer dan Local Area Network (LAN), namun untuk sementara ini menggunakan LAN tersebut diputuskan sehingga menggunakan sistem manual. Sistem prosedur usulan pengadaan barang yang dilakukan RSU. Dr. Saiful Anwar Malang telah memenuhi sebagian tujuannya bahwa barang yang dibeli sesuai dengan keperluan. Hal ini ditunjukan dengan prosedur pengadaan barang yang diawali satuan kerja ( instalasi/bagian/ bidang) yang melihat data daftar persediaan barang digudang. Bila tidak ada persediaan barang digudang satuan kerja (instalasi/bagian/bidang) kemudian menyelenggarakan nota dinas permintaan barang dan menginformasikan kebutuhan barang yang diminta atau habis kepada kepala bidang/bagian (koordinasi). Sehingga pada sistem prosedur usulan pengadaan barang menurut penulis Sistem prosedur usulan pengadaan barang yang dilakukan RSU. Dr. Saiful Anwar Malang telah memenuhi tujuannya bahwa barang yang dibeli sesuai dengan keperluan berdasarkan Keputusan Presiden nomor 80 tahun 2003 sebagaimana pada pasal 16 Pada prosedur penggunaan barang harus memenuhi persyaratan dan tugas pokok yang ada di RSU. Dr. Saiful Anwar. Hal ini sudah sesuai mengacu atau berpedoman pada Keputusan Presiden nomor 80 tahun 2003 pasal 9. Pada komputer sebagai sarana pendukung sistem informasi yang digunakan adalah Sedangkan komputer yang saat ini menggunakan mengikuti jaman. Hal ini dilihat dari segi kecepatan, kecanggihan. Namun masih memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan model terbaru pada saat ini. Dari sisi waktu kurang maksimalnya komputer tentu proses dari bagian ke bagian lain akan lambat pula. serta LAN saat ini diputus, menyebabkan tugas atau pekerjaan yang dilaksanakan oleh staf-staf yang ada kurang maksimal sehingga sarana prasarana yang dimiliki kurang mendukung kegiatan pegawai atau karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/184/050901746
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jun 2009 09:32
Last Modified: 19 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114034
[thumbnail of 050901746.pdf]
Preview
Text
050901746.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item