Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perijinan Kota Malang.

DennyHasnadoma (2009) Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) Dalam Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perijinan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia telah memasuki era globalisasi, yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Data, informasi dan berita dapat tersebar dengan cepat dalam hitungan detik ke seluruh dunia. Penggunaan ICT mutlak diperlukan dalam setiap segi kehidupan manusia. Tidak terkecuali di lingkup pemerintahan, baik pemerintahan pusat sampai ke pemerintahan yang paling kecil diperlukan bantuan ICT untuk memudahkan kinerja aparat dalam memberikan pelayanan kepada publik serta menginformasikan berita dan data. Dalam penerapannya di Pemerintahan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini disebut elektronik government. Salah satu pemerintah daerah yang memanfaatkan kemajuan ICT ini adalah Dinas Perijinan Kota Malang melalui media website (www.perijinan.malangkota.go.id) dalam memberikan pelayanan publik. Website Dinas Perijinan Kota Malang merupakan fasilitas online yang berisi informasi tentang pelayanan perijinan yang ada di Dinas Perijinan Kota Malang agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang mencari informasi pelayanan perijinan. Pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi melalui media website tersebut diterapkan oleh Dinas Perijinan Kota Malang untuk meningkatkan kualitas layanan kepada publik dan memberikan pelayanan arus informasi secara optimal dan berdaya guna. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang dibahas oleh penulis antara lain : bagaimana pemanfaatan ICT pada media website pada Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik, kendala apa yang dihadapi dalam pemanfaatan ICT dalam layanan media website Dinas Perijinan Kota Malang dalam informasi pelayanan publik dan upaya-upaya apa yang dilakukan Dinas Perijinan Kota Malang untuk mengoptimalkan pemanfaatan pemanfaatan ICT pada media website dalam memberikan informasi pelayanan publik. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dapat digambarkan pemanfaatan ICT melalui media website dalam memberikan informasi pelayanan perijinan kepada masyarakat cukup baik. Masyarakat kota Malang sudah memanfaatkan website Dinas Perijinan Kota Malang dengan alasan lebih transparan, efektif dan efisien dalam mendapatkan informasi pelayanan perijinan. Dalam pelaksanaannya website Dinas Perijinan sudah mampu memberikan informasi pelayanan publik. Selain itu masyarakat dapat berpatisipatif untuk mengadukan permasalahan perijinan secara online melalui website tersebut. Yang menjadi kendala dalam pemanfaatan ICT melalui media website ini adalah kurang lengkapnya informasi pelayanan publik, dikarenakan kurang kerjasama maupun koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait pelayanan perijinan, dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan penelitian ini diharapkan Dinas Perijinan Kota Malang harus terus melakukan pengembangan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan electronic government dalam memberikan informasi pelayanan publik yang dapat meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien serta dapat menjadikan informasi yang update dan pedoman masyarakat yang akan mengajukan perijinan di Dinas Perijinan Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/179/050901702
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jun 2009 09:20
Last Modified: 19 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114028
[thumbnail of 050901702.pdf]
Preview
Text
050901702.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item