Fenomena Pemekaran Wilayah Dalam Mewujudkan Peningkatan Pelayanan Publik di Kota Malang (Studi tentang Analisis Program Pemecahan Kelurahan dan Kecamatan di Kota Malang)

AtikaOktaviani (2009) Fenomena Pemekaran Wilayah Dalam Mewujudkan Peningkatan Pelayanan Publik di Kota Malang (Studi tentang Analisis Program Pemecahan Kelurahan dan Kecamatan di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pertumbuhan wilayah Kota Malang yang pesat yang diikuti dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan fisik keruangan, sehingga menjadikan beban layanan yang harus ditanggung dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik yang semakin berat dan bahkan terjadi ketidakseimbangan antara beban dengan kemampuan untuk melayani. Hal ini berakibat pada penurunan kualitas pelayanan. Untuk itu, pembagian wilayah menjadi unit-unit wilayah yang lebih kecil merupakan solusi yang bertujuan untuk mengurangi beban layanan yang harus ditanggung oleh suatu wilayah guna meningkatkan jangkauan pelayanan dan memperpendek rentang kendali pelayanan serta peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Bagaimana hasil analisis perencanaan pemekaran wilayah Kota Malang,umpan balik masyarakat terhadap rencana tersebut sampai dengan tindak lanjutnya serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pemekaran wilayah Kota Malang dalam mewujudkan peningkatan pelayanan publik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemekaran wilayah Kota Malang yang telah dilakukan dimulai dari tahap analisis awal perencanaan pemekaran wilayah Kota Malang sampai dengan tindak lanjutnya berjalan dengan baik serta sesuai dengan yang harapan masyarakat maupun pemerintah. Tanggapan yang diperoleh dari masyarakat, sebagian besar mendukung pelaksanaan pemekaran wilayah Kota Malang dengan usulan tidak membebani warga masyarakat baik secara materia maupun finansia serta mampu mewujudkan layanan publik dan fasilitasi publik yang lebih baik dari masa sebelumnya Untuk pelaksanaan pemekaran wilayah di Kota Malang yang belum terlaksana dengan maksimal karena penyediaan dana yang terbatas sehingga dibuat sistem pilot project dan juga mengalami kemoloran waktu pelaksanaan karena penyesuaian waktu yang tepat mengingat adanya pelaksanaan pemilihan umum tahun 2009 serta kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat mengenai perlunya dilaksanakannya pemekaran wilayah Kota Malang sehingga berakibat pada kurang serentaknya dukungan dari masyarakat terhadap rencana Pemerintah Kota Malang tersebut. Dengan ini, harapannya bagi Pemerintah Kota Malang untuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan secara matang, salah satunya adalah masalah dana. Selain itu, memberikan sosialisasi yang lebih baik dan merata kepada mayarakat sehingga mampu memberikan dukungan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan pemekaran wilayah Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/177/050901677
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jun 2009 14:31
Last Modified: 19 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114026
[thumbnail of 050901677.pdf]
Preview
Text
050901677.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item