Peranan Kompensasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan (studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office)

RahmawatiYuliatiningsih (2009) Peranan Kompensasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan (studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan pasti memeiliki tujuan yang ingin dicapai, yakni peningkatan hasil penjualan dan keuntungan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mencapai tersebut perusahaan membutuhkan Sumber Daya Manuasia yang sangat penting keberadaannya. Tantangan perusahaan dalam manajemen Sumber Daya Manuasia adalah mengembangkan sistem kompensasi yang dapat memotivasi seseorang. Seperti halnya pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Perusahaan ini berupaya agar tujuan perusahaannya dapat tercapai, yakni mempertahankan dan meningkatkan laba yang diterima. Tujuan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office ini dapat tercapai jika karyawan pada perusahaan ini mampu meningkatkan produktivitas dan prestasi kerjanya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem kompensasi, motivasi kerja karyawan dan menggambarkan peranan kompensasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitiannya mengarah pada sistem kompensasi yang diterapkan, jenis motivasi yang diberikan pada karyawan PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office , yang mengacu pada teori motivasi Abraham Maslow (Fisiologik, Keamanan, Sosial, Harga Diri dan Aktualisasi Diri) dan peranan kompensasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office . Berdasarkan hasil penelitian sistem kompensasi yang diberikan karyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regioanl Office berupa kompensasi moneter dan non moneter. Karyawan di perusahaan tersebut menyatakan bahwa jenis kompensasi moneter paling berperan dalam meningkatkan motivasi kerja mereka. Upaya PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office untuk meningkatkan kinerja karyawannya adalah dengan memotivasi mereka yang berupa kesejahteraan karyawan. Kompensasi yang diberikan pada karyawan pada perusahaan tersebut sesuai dengan tugas, tanggung jawab, kedudukan dan prestasi kerja. Dari penyajian data dan analisis data yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office bahwa sistem kompensasi yang diberikan sangat berperan dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan, pemenuhan kebutuhan kesejahteraan karyawan mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan dan segala jenis kompensasi yang adil dan layak telah diberikan dan sesuai dengan tugas, tanggung jawab, kedudukan dan prestasi kerja karyawan sehingga mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/174/050901674
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jun 2009 11:58
Last Modified: 19 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114023
[thumbnail of 050901674.pdf]
Preview
Text
050901674.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item