Analisis Penerapan Sistem Informasi Pada Persediaan Barang Dagangan Sebagai Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Brawijaya Ma

SariRestuningrum (2009) Analisis Penerapan Sistem Informasi Pada Persediaan Barang Dagangan Sebagai Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Brawijaya Ma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul "Analisis Penerapan Sistem Informasi Pada Persediaan Barang Dagangan Sebagai Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern" yang dilakukan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Brawijaya Malang ini dilatar belakangi oleh bagaimana penerapan sistem informasi dalam pengelolaan persediaan barang dagangan yang mempunyai jumlah barang dagangan yang banyak dapat meningkatkan pengendalian intern di dalam manajemen koperasi. Maka terhadap hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pengendalian intern di KPRI Unibraw Malang dengan menerapkan sistem informasi pada persediaan barang dagangan. Teori yang dikemukakan meliputi pengertian sistem, elemen-elemen sistem, karakteristik sistem, klasifikasi sistem, pengertian informasi, pengertian sistem informasi, komponen utama sistem informasi, pengertian persediaan barang, sistem persediaan barang dagangan, bagan alir (flowchart) dokumen sistem permintaan dan pengeluaran barang dagang, prosedur pencatatan harga pokok persediaan yang dibeli, sistem penghitungan fisik persediaan, pengertian sistem pengendalian intern, elemen-elemen pengendalian intern, unsur sistem pengendalian intern, prinsip pengendalian intern, pengertian koperasi, landasan dan asas koperasi, tujuan koperasi, bentuk koperasi Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada sistem informasi persediaan barang dagangan KPRI Unibraw Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung serta ditunjang dengan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pada persediaan barang dagangan yang diterapkan KPRI Unibraw Malang masih mengalami beberapa kelemahan atau kekurangan yang dikarenakan tidak adanya formulir rencana pembelian barang, surat order dari KPRI Unibraw Malang, laporan penerimaan barang, dan kartu penghitungan fisik. Formulir-formulir tersebut mendukung berjalannya prosedur dan sistem informasi persediaan barang dagangan yang terkomputerisasi utamanya adalah dalam membantu pengolahan data persediaan barang dagangan. Dengan adanya penerapan sistem informasi pada persediaan barang dagangan dapat mempermudah karyawan KPRI Unibraw Malang untuk memperoleh informasi persediaan barang dagangan yang akurat, relevan, dan tepat waktu sehingga mendukung terciptanya peningkatan pengendalian intern persediaan barang dagangan KPRI Unibraw Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/167/050901656
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jun 2009 09:57
Last Modified: 19 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114015
[thumbnail of 050901656.pdf]
Preview
Text
050901656.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item