Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Daya Ingat dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2006/2007 yang menggunakan ka

HeniNorafia (2009) Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Daya Ingat dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2006/2007 yang menggunakan ka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan merupakan komponen promosi yang menjadi alternatif bagi perusahaan untuk memasarkan produknya. Dari sekian banyak media iklan yang ada, televisi dianggap dapat mewakili media lain karena potensi yang dimiliki oleh iklan televisi cukup besar dan mampu menjangkau cukup banyak konsumen. Dalam rangka promosi produk, iklan televisi merupakan media yang efektif dalam menanamkan isi pesan dibenak konsumen karena penyampaiannya dilakukan berulang-ulang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh secara langsung antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap daya ingat; bagaimana pengaruh secara langsung antara daya ingat terhadap keputusan pembelian; bagaimana pengaruh secara langsung antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian; dan bagaimana pengaruh secara tidak langsung (melalui daya ingat) antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh secara langsung antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap daya ingat; menjelaskan pengaruh secara langsung antara daya ingat terhadap keputusan pembelian; menjelaskan pengaruh secara langsung antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian; dan menjelaskan pengaruh secara tidak langsung (melalui daya ingat) antara variabel-variabel dalam pesan iklan televisi yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatory. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang angkatan 2006 yang terdaftar program Strata-1 yang menggunakan kartu Indosat IM3. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 153 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dimana pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa hasil pengujian sub struktur 1 menyatakan bahwa secara keseluruhan pesan iklan secara langsung berpengaruh terhadap daya ingat sebesar 35,1%, sedangkan secara parsial hanya variabel format pesan saja yang berpengaruh langsung terhadap daya ingat. Hasil pengujian sub struktur 2 menyatakan tidak terdapat pengaruh langsung antara daya ingat terhadap keputusan pembelian baik secara keseluruhan dan parsial. Hasil pengujian sub struktur 3 menyatakan bahwa secara keseluruhan pesan iklan secara langsung berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian sebesar 27,9%, sedangkan secara parsial hanya variabel isi pesan saja yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian sub struktur 4 menyatakan bahwa secara keseluruhan pesan iklan secara tidak langsung (melalui daya ingat) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 29,1%, sedangkan secara parsial hanya variabel isi pesan saja yang berpangaruh tidak langsung (melalui daya ingat) terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan yaitu PT. Indosat Tbk. hendaknya lebih kreatif dan inovatif serta memiliki keunikan tersendiri dalam membuat iklan khususnya iklan kartu Indosat IM3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/164/050901643
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2009 10:13
Last Modified: 19 Oct 2021 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114012
[thumbnail of 050901643.pdf]
Preview
Text
050901643.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item