AndiKurniawan (2009) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian : survai pada Pemilik Rumah di Kompleks Perumahan Vila Bukit TIdar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin maju dan pesat, ini menyebabkan persaingan di dunis bisnis semakin ketat termasuk dalam bisnis real estate. Dewasa ini bisnis real estate terus dibanjiri oleh para pelaku pasar yang muncul sebagai pesaing-pesaing baru. Pada kenyataannya tidak semua perusahaan mampu mencapai target pasar dan meningkatkan omset penjualan yang telah direncanakan. Perlu adanya strategi pemasaran yang efektif untuk dapat memenangkan pasar. Salah satu strategi pemasaran yang cukup berpengaruh terhadap perilaku konsumen adalah promosi. Pelaksanaan bauran promosi yang diarahkan dan dikendalikan tepat ke sasaran diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Alam Mahameru secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi, baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research dengan empat variabel bebas yaitu periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan pribadi (X3), hubungan masyarakat (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian rumah (Y). Penelitian dilakukan di Kompleks Perumahan Vila Bukit Tidar Malang dengan sampel sebanyak 88 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel-variabel marketing mix yang terdiri dari, variabel periklanan (X1), variabel promosi penjualan (X2), variabel penjualan pribadi (X3), variabel hubungan masyarakat (X4) terhadap keputusan pembelian rumah (Y) dengan nilai F hitung sebesar 34,681, signifikansi 0,000 serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,608. Dalam analisis regresi parsial, variabel periklanan (X1) variabel promosi penjualan (X2), variabel penjualan pribadi (X3), variabel hubungan masyarakat (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian rumah di Vila Bukit Tidar. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah di Vila Bukit Tidar adalah variabel hubungan masyarakat (X4), dengan nilai beta 0,293 dan t hitung sebesar 3,266 dengan probabilitas sebesar 0,000. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rumah adalah variabel hubungan masyarakat (X4). Oleh karena itu disarankan agar PT. Alam Mahameru untuk lebih menekankan pada bagaimana cara meningkatkan pelaksanaan Public Relation agar lebih menarik konsumen. Untuk ketiga variabel lainnya yang memiliki pengaruh positif dan signifikan, perusahaan perlu untuk lebih mengoptimalkan pengimplementasian konsep bauran promosi dengan cara menggunakan komunikasi pemasaran yang terpadu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/15/050900469 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 02 Mar 2009 14:31 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 10:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113996 |
Preview |
Text
050900469.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |