Kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Desa ; Studi di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

ImanSetioWicaksono (2009) Kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Desa ; Studi di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar masih banyaknya pembangunan infrastruktur yang masih belum merata. Dalam upaya melaksanakan pembangunan yang signifikan maka, perlu adanya Perencanaan pembangunan dengan mengambil pilihan berbagai alternatif dari kegiatan untuk mencapai tujuan masa depan tersebut dengan terus mengikuti, agar pelaksanaannya tidak menyimpang dari tujuan. Oleh karena itu, Keberhasilan didalam melaksanakan pembangunan tidak lepas dari adanya suatu perencanaan pembangunan. Untuk itu, dibutuhkan suatu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) yang berfungsi sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. LPMD diharapkan berperan dalam menggali, memanfaatkan potensi, menggerakkan swadaya gotong-royong masyarakat, sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah dengan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, membina dan menggerakkan peranan pemuda dalam pembangunan. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang di bahas oleh penulis, adalah : Bagaimana kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dalam melaksanakan penyusunan rencana pembangunan desa, Bagaimana hasil penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan desa di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang di pergunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Lembaga Pemberdayaaan Masyarakat Desa (LPMD). Adapun teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mengutamakan kedalaman, penghayatan terhadap interaksi antar konsep yang sedang dikaji secara empiris. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) yang meliputi Kemampuan individu yang didalamnya berisi mengenai kedisiplinan, semangat kerja, sarana komunikasi dengan masyarakat, kerjasama dengan pihak lain, kemampuan dalam memanfaatkan potensi masyarakat yang dapat dijadikan suatu hal yang bisa digunakan dalam mengukur kinerja LPMD serta mengenai proses penyusunan rencana pembangunan desa yang didalamnya berisi tentang mekanisme penyusunan rencana pembangunan desa, pihak-pihak yang terkait, pengelompokkan kegiatan atau proyek, kesepakatan keputusan, sarana dan prasarana yang juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi proses penyusunan rencana pembangunan desa. Di kantor LPMD sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/146/050901517
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 May 2009 09:22
Last Modified: 23 Oct 2021 09:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113992
[thumbnail of 050901517.pdf]
Preview
Text
050901517.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item