Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Kepuasan Nasabah Yang Berdampak Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata).

VenyRatnaFajarwati (2009) Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Kepuasan Nasabah Yang Berdampak Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Marketing Public Relations merupakan salah satu strategi pemasaran terbaru yang banyak diperbincangkan kalangan dunia usaha terutama ketika isu pasar global deras bertiup bahkan perlahan-lahan telah menjadi fenomena bisnis masa kini. Konsep Marketing Public Relations sebenarnya merupakan penerapan aktivitas Public Relations dalam pemasaran. Marketing Public Relation adalah proses dari perencanaan, pelakasanaan dan evaluasi program-program yang mendorong minat beli serta kepuasan konsumen melalui penyampaian informasi dan kesan yang meyakinkan dalm usaha memperlihatkan bahwa perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kepentingan dan minat konsumen. Kegiatan Marketing Public Relations diharapkan akan mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah terhadap perusahaan. Bagaimana pengaruh variabel-variabel dalam Marketing Public Relations secara langsung terhadap kepuasan nasabah. Bagaimana pengaruh variabelvariabel dalam Marketing Public Relations secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui variabel kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel-variabel dalam Marketing Public Relations secara langsung terhadap kepuasan nasabah. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel-variabel dalam Marketing Public Relations secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui variabel kepuasan nasabah. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang digunakan untuk menjabarkan hubungan antar variabel-variabel penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Analisis data yang digunakan dalam adalah analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh variabel Publikasi (X1), Variabel Sponshorship (X2), Variabel Media Identitas (X3) dan Variabel Aktivitas Layanan Publik (X4) terhadap Variabel Kepuasan Nasabah (Z) secara gabungan adalah 37, 9 %, sedangkan sisanya sebesar 62, 1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh variabel Publikasi (X1), Variabel Sponshorship (X2), Variabel Media Identitas (X3), Variabel Aktivitas Layanan Publik (X4) dan Variabel Kepuasan Nasabah (Z) terhadap Variabel Loyalitas Nasabah (Y) secara simultan adalah 59, 2 %, sedangkan sisanya sebesar 40, 8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh Variabel Publikasi (X 1 ), Variabel Sponshorship (X 2 ), Variabel Media Identitas (X 3 ), Variabel Aktivitas Layanan Publik (X 4 ) secara tidak langsung terhadap loyalitas nasabah (Y) melalui Variabel Kepuasan Nasabah (Z) dapat diketahui dengan mencari nilai IE. Dari hasil penelitian ini diketahui bila pelaksanaan sponsorship di Bank Rakyat Indonesia masih sedikit dilakukan dan masyarakat kurang memahami hal tersebut sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Oleh karena itu Bank Rakyat Indonesia harus meningkatkan pelaksanaan sponsorship dan juga variabel-variabel lainya agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah yang kemudian berdampak pada loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/131/050901352
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 May 2009 16:11
Last Modified: 23 Oct 2021 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113976
[thumbnail of 050901352.pdf]
Preview
Text
050901352.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item