Efektivitas Manajemen Kredit Sebagai Upaya Peningkatan Rentabilitas (Studi Kasus Pada PT. BPR. Gunung Ringgit, kota Malang)

EviSuwarni (2009) Efektivitas Manajemen Kredit Sebagai Upaya Peningkatan Rentabilitas (Studi Kasus Pada PT. BPR. Gunung Ringgit, kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan perkreditan merupakan kegiatan utama dari ketiga kelompok jasa yang dilakukan oleh bank, bahkan merupakan tulang punggung kegiatan perbankan. Sebab kredit yang disalurkan oleh bank ( konvensional ) merupakan bagian terbesar dari asset yang dimiliki oleh bank yang bersangkutan. Dalam menyalurkan kredit bank melakukan analisis kredit terhadap calon debitur, namun terkadang bank juga kurang cermat dalam proses menganalisis kredit. Hal ini akan menimbulkan beberapa masalah misalkan adanya keterlambatan dalam pelunasan kredit sehingga memicu terjadinya kredit bermasalah, sehingga akan mempengaruhi rentabilitas pihak bank. Timbulnya masalah dalam kegiatan perkreditan seperti tunggakan dan kredit macet ini menyebabkan tingginya tingkat Non Performing Loans (NPL) yang dapat menurunkan rentabilitas bank. Hal ini dikarenakan adanya sumber pendapatan terbesar bank yang berasal dari penerimaan bunga kredit menjadi tidak lancar atau macet. Oleh karena itu,diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga akan memberikan keuntungan atau laba bagi pihak bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen kredit dalam meningkatkan rentabilitas bank. Kontribusi penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi pihak praktis maupun teoritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian pada BPR.Gunung Ringgit Malang. Analisis data yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis data, yaitu analisis rasio keuangan, Time series Analysis dan analisis Trend . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi PT. BPR. Gunung Ringgit Malang selama tiga periode dalam keadaan fluktuasi. Kondisi bank pada tahun 2006 sampai tahun 2007 relatif baik, hal ini tampak pada tingkat kredit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL) yang menurun sehingga berdampak pada likuiditas dan rentabilitas yang meningkat. Namun pada tahun 2008, kondisi bank kembali memburuk yang ditandai dengan peningkatan kredit bermasalah atau NPL sehingga likuiditas dan rentabilitas menjadi menurun. Hal ini disebabkan oleh kebijakan kredit, kebijakan pengumpulan piutang dan pengendalian kredit yang diterapkan bank masih kurang efektif. Untuk membantu bank dalam mengefektifkan manajemen kredit adalah dengan upaya-upaya antara lain : melakukan analisis kredit secara cermat dan keseluruhan dengan metode 7C, melaksanakan pengumpulan piutang secara efektif, dan melakukan pengendalian kredit yang efektif dengan cara Preventif Control Of Credit atau pengendalian kredit sebelum terjadinya kredit macet. Serangkaian upaya tersebut diharapkan manajemen kredit menjadi lebih efektif dan dapat menekan tingkat kredit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL) sehingga likuiditas, aktivitas dan rentabilitas bank kembali meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/125/050901253
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Apr 2009 10:45
Last Modified: 23 Oct 2021 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113970
[thumbnail of 113970] Other
113970

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item